• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

Profil

kenanglah aku sebagai sosok ini

Arul Chandrana adalah salah satu penulis yang hadir dengan kekuatan melibatkan emosi pembaca dalam setiap karyanya. Arul adalah novelis pertama dan satu-satunya (saat ini) dari Pulau Bawean. Dan dia berhasil menerbitkan bukunya dengan kerja keras dari bawah—sebagai penulis tanpa kenalan, tidak berpengalaman, dan hanya mengandalkan kekuatan karya dan doa.

Arul bisa menulis cerita inspiratif, kisah misteri, thriller, kisah sedih, bahkan kisah lucu sekali pun. Dia telah menulis sejak kelas 6 SD dan tidak pernah berhenti sejak saat itu. Menjadi seseorang yang bercita-cita menjadi penulis di sebuah pulau kecil di tengah lautan pada tahun 90an sungguh bukan hal yang mudah. Tapi Arul terus menekuni hobinya itu dan mewujudkannya pada tahun 2011, 14 tahun kemudian.

Novel perdananya, Pemburu Rembulan, berhasil menyajikan cerita yang mengharukan sekaligus kocak bersamaan. Novel itu membuat Pulau Bawean dikenal lebih banyak khalayak, bahkan mengispirasi mereka untuk melakukan perjalanan ke pulau kecil tersebut. Pengakuan dari banyak pembaca, resensi positif dan rating yang tinggi menjadi sambutan yang hangat bagi buku perdana tersebut. Dan sejak saat itu, baik karya solo maupun antologi, mengalir dari jari-jarinya memukau.

Pada tahun 2015, bersama sahabat dekatnya, David–seorang seniman olah suara, Arul membuat film dokumenter tentang Tempat Pelelangan Ikan Brondong, sebuah dokumenter yang menakjubkan mengingat mereka membuatnya hanya dengan kamera HP. Film dokumenter itu berjudul Fishy Sweat. Arul juga sedang dalam pengerjaan Kamus Bahasa Bawean dengan terjemah dua bahasa, Inggris – Indonesia. Harapannya, semua orang Bawean di mana pun berada bisa memanfaatkan kamus tersebut untuk menjaga bahasa aslinya.

Arul menikah dengan Rif’atin Aliyah, seorang pustakwati dan guru bahasa. Mereka kini tinggal di Lamongan bersama semua buku dan notebook tuanya yang setia. Untuk membaca biografi yang lebih lengkap, Anda bisa membaca artikel berikut Parajhoka Bawean, atau wawancara eksklusif dengan grup penulis Be a Writer Indonesia. Untuk membaca karya-karya yang telah diterbitkan, anda bisa membuka galeri blog ini.

Anda juga bisa menghubungi Arul di Twitter @arulight []

42 Responses

  1. maju trus mas am.. TETAP SEMANGAT!!

  2. i drop by

  3. halo bos..
    punten baru bales. blog yg itu jarang dibua soalnya.. hehe

    kalo bisa mah jangan bersamaan bos. kirim ke satu penerbit dulu, ntar kan bisa kacau kalo dua2nya mau diterbitin. biasanya penerbit ada perjajian gitu naskah yg sama ga boleh diterbitin di penerbit lain. sy sendiri juga belum pernah coba ngajuin naskah sih.. hehe

    wah jadi editor apaan nih? mau dong./. hehe

  4. nawar apa maksudnya nih? hehe

  5. grrr. . .grr. . .,transform

    semngat….,semangat…,semangka

  6. aneeh buanget………………………
    tu apaan…………………

  7. salam kenal.

  8. luar biasa toghelan…………………….. wow tiadak semua bs sepertin punya kesempatan yang sama kyk dirimu……………
    TETAP SEMGAT OK! KITA 2 msa2 saling mendoakan yo!

    • kak ernaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa hahaha, teng kyu kak. ini semangat yang hebat dan dukungan yang kuat. eh, kalau punya kenalan penerbit, dikenalin dong, hehehehe

  9. jaga lah bawean untuk anak cucu,salam kenal dari saya

  10. Halo arul,
    Salam kenal ya,
    Thanks dah mampir di blog alixwijaya.com,
    Tentang Klub Menulis,
    Jawaban saya tulis di artikel baru ini *klik disini*
    Semoga bermanfaat 😉

  11. Optimis, memang harus di miliki oleh seorang calon Penulis, jangan ragu u/ terus
    *Mengayunkan Langkah,,,,
    *Menggerakkan Jemari merangkai kata demi kata, bait demi bait,,,
    *Biarkan airmata mengalir,,,,,,
    *Biarkan jantung berdegup kencang,,,,

    • mantap bro,,,
      Orang bawean, hususnya komalasa, lebih husus lagi oreng temor-temor pasti sangat bangga andik putra daerah padena bekna.
      betul-betul luar biasa, WONDERFUL
      hehehe, sorry bahasana campor-campor.
      maju terus,,,,,,

      “pLaNktoN’s bRothEr”

  12. mantap bro,,,
    Orang bawean, hususnya komalasa, lebih husus lagi oreng temor-temor pasti sangat bangga andik putra daerah padena bekna.
    betul-betul luar biasa, WONDERFUL
    hehehe, sorry bahasana campor-campor.
    maju terus,,,,,,

    “pLaNktoN’s bRothEr”

  13. hey, ini faruq atau habibi? wahahahahaha, makasih togellan. kunjunganmu sangat berarti. salam buat semua orang temor2. ayo terus berjuang!

    • buNg aLfaRouQ
      hehehe,,,

      ternyata ghik engak ka plankton.

      siap komandan !!!
      perjuangan tak kan pernah berakhir

      FBx kok gag bisa di akses,,,?

  14. @Al faruq: slhkn bka fb skrg bos, la e kenneng akses. are rajo tak mulia bokna? ayuk atono2! wakakaka

  15. selamat untuk arul aku bangga

  16. Mas Supaji, slmt dtang, akhrnya qt brtemu juga. Pak Agus dah lama crita soal pean, tp q lupa trus mau cari d net. Sampean Bawean mana, Saudara?

  17. sll ada yg hebat pada setiap kita dan km memulainya lbh awal. sukses sellu sob buatmu mksudku ustadz reheteho…. xixixiixxixixi

  18. saya juga mahasiswa Unirow mas. . hanya saya mengambil jurusan pendidikan guru sd. ngga nyangka ada penulis besar ^^ amiin .. yang berkuliah disana, semoga mas menjadi penulis besar n mengharumkan nama Unirow juga.

    saya terkesima dengan tulisan berjudul “Minan”.
    inspirasi buat saya nanti mengajar di sd.

  19. mas agung, teriumakasih untuk paresiasinya. saya senang ada kawan unirow berkunjung. sampai ketemu nanti.

  20. Semangat yang luar biasa… M E R D E K A . . . . .

  21. wah…wah…wah….
    novelnya blm pernah tau….
    hanya baca sedikit seratnya, kok jd ingat A. fuady dgn Negri 5 menaranya ya..

    terimakasih toghellen…
    bhuru tao mon e bhebien bede oreng se bakat noles…

    salut…salut..salut… dan saluuuuut……

  22. abi wina, toghellan Wasi, apalagi yg patut diteriak selain alhamdulillah? luar biasa, Allah menyuruh kita berusha, selanjutnya, Dia yang menangani dg bijaksna. mhon dukungan terus, kawan.

  23. Terus berjuang mas Arul..
    jgn berenti sampai disitu, ciptakan buku-buku lain..
    klu boleh perkenalkan novel Pemburu Rembulan thd adik-adik kita yg kebetulan skrg masih sekolah di Bawean dgn cara membagikan 1 atau 2 buku secara gratis kepada semua sekola tingkat SMP dan SMA seluruh Bawean, utk memberi semangat thd adik-adik kita..
    dgn harapan akan tumbuh Arul-Arul lain dikemudian hari.

  24. MAs Wasi, ide yang luar biasa. itu bisa menjadi gerakan tebar semangat yg sangat m,enggemparkan. untuk itu, kita butuh kordinasi yg bagus. wah, bisa jadi program hebat itu. anda punya ide mewujudkannya?

  25. oke kn,,

  26. kerong bule kabhabian.,.,la 18 taon tk mole,.,nyorcor aeng mata,.mon ngabes bhabhean.,.

  27. Kang arul teman teman d Tbn tgl 31 des kemarin habis gila gilaan (mabit plus kehujanan d tenda, paginya out bond, seru abis), Salam sukses selalu 4 u my patner in dakwah (SALAM –> NSSIAK)

  28. bang arul tolongin saya dunk?
    saya pengen meneliti dielek bahasa bawean
    untuk sripsi saya boleh minta alamat e-mailnay
    saya juga keturunan bawean.ibu saya asli orang bawean
    salam kenal ya?
    saya butuh referensi tentang bahasa bawean
    nama saya Ariwijayatno salam kenal dari saya

  29. Hi, May i ask anyone who can tell me what does this mean, ‘ Colok na mollo eh!” in bahasa melayu?? pls tks urgent!!

    • that means: you got big mouth! we use that sentence when we are irritated by someone talks too much

  30. Luar Biasa mas Catur, Teruslah berkarya !

    nitip http://www.wanbisnis.com

  31. Mas arulll…. salam kenal….

  32. mas bisa minta nomerna ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: