Posted in ehon, think

Galang Bantuan Lewat Atmago

Atmago adalah sebuah social media yang hadir untuk menjadi wahana solusi bagi persoalan masyarakat. Sudah beberapa tahun ini saya menggunakan Atmago, tepatnya sejak Juni 2015 lalu. Awalnya saya menganggap Atmago tidak ada bedanya dengan media sosial lainnya, di mana kita daftar, lalu punya akun, dan mulailah posting-posting tulisan; tulisan apa saja.

Tapi tidak, Atmago berbeda dari medsos yang lain.

Atmago menempatkan dirinya sebagai sarana berbagi—khususnya informasi—untuk sesama pengguna. Di sini setiap tulisan pengguna dikelompokkan sesuai beberapa kategori, seperti lokasi kejadian, karir, solusi, laporan masalah dan jual beli. Sehingga jika kita ingin tahu ada berita apa saja di—sebagai contoh—Jakarta Selatan, maka kita klik saja tombol Jakarta Selatan dan muncullah semua berita yang berlokasi di Jakarta selatan di layar ponsel kita. Dengan cara ini, motto Atmago “Warga Bantu Warga” benar-benar terlaksana dengan baik. Para pengguna dianjurkan untuk memberi kontribusi sebanyak dan sebaik mungkin untuk lingkungannya.

Di Atmago kita tidak menulis puisi, cerpen, ungkapan perasaan, kemarahan, apalagi cacian. Para pengguna menulis apa saja yang bermanfaat bagi lingkungannya—atau bagi siapa pun yang mengakses Atmago. Di sini kita bisa melaporkan masalah, berbagi solusi, mengabarkan informasi lowongan pekerjaan, juga bisa melakukan jual beli. Dari pengalaman saya pribadi, saya menggunakan Atmago untuk melakukan penggalangan dana untuk tetangga yang ditimpa musibah.

Pada bulan Februari lalu salah satu tetangga saya ditimpa musibah. Pak Muslimin, nama korban, tenggelam di laut saat pergi mencari ikan bersama beberapa nelayan lainnya. Korban meninggalkan seorang istri, dua orang anak, seorang adik ipar yang dia biayai sekolah dan kehidupannya, juga seorang ibu mertua. Dan tak hanya itu, yang meninggal dalam peristiwa nahas itu termasuk juga ayah Pak Muslimin. Ayah anak tenggelam di laut dalam satu peristiwa.

Saya memanfaatkan Atmago untuk menginformasikan peristiwa ini kepada orang-orang. Saya membuat tulisan yang menceritakan kondisi keluarga almarhum dan mengajak para pembaca untuk berdonasi bagi keluarga yang ditinggalkan. Alhamdulillah, kegiatan ini mendapatkan banyak respon dan terkumpullah dana sumbangan beberapa juta.

Sebelumnya, saya juga menggunakan Atmago dalam rangka menggalang dana untuk sebuah pondok di Kecamatan Paciran yang mengalami kebakaran.

Dua kisah di atas adalah contoh penggunaan Atmago untuk peristiwa-peristiwa besar yang ada di sekitar saya. Saya juga memakai Atmago untuk berbagi informasi sehari-hari. Untuk posting sejenis ini biasanya saya berbagi informasi tentang lalu lintas, ketersediaan BBM di POM, lowongan pekerjaan dan tips kesehatan. Rasanya menyenangkan bisa berbagi untuk yang lain.

Namun demikian, ada satu kekurangan yang cukup mengganggu dari Atmago, yaitu tidak adanya fitur notifikasi. Kita tidak mendapatkan pemberitahuan apa saja reaksi pengguna yang lain terhadap postingan kita. Misal saya menulis posting jualan sepatu pada tanggal 1 Agustus, lalu pada tanggal tujuh Agustus ada pengguna Atmago yang berkomentar pada postingan tersebut, kita tidak akan mendapat notifikasi atas hal itu. Jika antara tanggal 1 sampai 7 saya tidak menulis apa pun, gampang saja saya memeriksa posting jual beli tersebut, tapi jika selama tujuh hari itu saya menulis banyak postingan, maka saya harus menggali cukup dalam untuk mengetahui perkembangan pada posting jual beli saya di tanggal 1.

Untuk itu, sebagai pengguna saya berharap pengembang Atmago untuk segera menambahkan fitur notifikasi dalam layanannya. Jika nanti sudah ada, wah, pasti semakin mantap ini Atmago!

Bagi Anda yang ingin bergabung dengan komunitas Atmago, caranya gampang. kunjungi link Atmago berikut: Atmago Indonesia, daftar akun, dan, semua beres. Anda sudah bisa berbagi dengan orang-orang di lingkungan Anda juga seluruh dunia.

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

Leave a Reply

