• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

Kelas Multiple Intelligence: Sebuah Kisah Inspirasi Pendidikan

image

Pak Amar adalah seorang pengajar muda dengan pemahaman pendidikan modern yang kuat. Beliau memandang setiap anak adalah cerdas, ada yang cerdas kinesthetic, cerdas bahasa, cerdas sosial, cerdas spiritual, cerdas matematika, cerdas musik, dan sebagainya. Karena itu, Pak Amar selalu berusaha membantu melejitkan potensi-potensi tersebut.

Saat mengajar Bahasa Inggris, kepada siswa yang cenderung kinesthetic, Pak Amar menyuruh mereka lari keliling lapangan sambil baca buku. Siswa yang cerdas linguistik belajar dengan mengumbar rayuan gombal dalam Bahasa Inggris di depan pohon manggis sampai si pohon menangis. Siswa yang

cerdas matematis cara belajarnya dengan menghitung jumlah kata sifat dikalikan dengan total jumlah kata kerja dibagi dengan seperempat jumlah kata sifat lalu dikurangi seperdelapan jumlah kata benda dan di-akar dengan jumlah kata yang tidak mereka pahami jenisnya.

Tidak hanya itu, bagi siswa yang cerdas musik diperintahkan untuk belajar dengan melagukan teks Bahasa Inggris yang ada di buku. Boleh pakai lagu Metallica, lagu Rhoma Irama, lagu daerah, atau lagu kicauan burung. Siswa yang cerdas spiritual belajar Bahasa Inggris dengan mencoba melakukan kontak dengan arwah Richard Plumber, seorang agen MI6 dengan kode 007,5 yang diduga tewas dekat toilet sekolah. Sementara bagi siswa yang cerdas warna belajarnya dengan mewarnai setiap ilustrasi hitam putih di buku pelajaran bahasa Inggris.

Begitulah suasana kelas mata pelajaran Bahasa Inggris yang dikelola Pak Amar. Setiap siswa diberi kesempatan seluas-luasnya untuk berkembang sesuai kecerdasannya yang beragam.

Dua minggu kemudian, Pak Amar ditangkap pasukan khusus polisi Puyer 88 atas dugaan kasus terorisme cinta dan kudeta perasaan #arulaugh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: