• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

Asal Usul Dongeng Kelinci Balapan dengan Kura-kura

image

Kita yang pernah nonton serial kartun Malaysia Pada Zaman Dahulu, atau serial Upin – Ipin, pastinya pernah sekali menonton episode kelinci balapan dengan kura-kura. Ketika saya tanyakan pada murid di sekolah dari mana asal mula kisah tersebut, mereka menjawab: dari Upin – Ipin! Lalu yang lain mengoreksi, dari Pada Zaman Dahulu. Dan beberapa orang meluruskan, dari Malaysia, Pak.

Aku tersenyum, lalu kujawab, “anak-anak, bahkan ketika saya masih SD di Bawean dulu, ibu saya sudah mendongeng kisah ini. Dalam bahasa Bawean kura-kura adalah kotempa. Dan saya sangat yakin kisah ini aslinya dari Indonesia.”

Anak-anak ber-Ooo panjang. Dan jawaban kami semua salah.
***

Kisah kelinci balapan dengan kura-kura adalah kisah yang sangat terkenal, bukan hanya di rumpun bangsa Melayu, tapi juga di seluruh dunia. Ada banyak lukisan dan patung atau pun pahatan yang menceritakan kisah tersebut. Termasuk juga film kartun buatan Disney.

Lalu, dari mana asal cerita tersebut? Jawabannya, dari Yunani Kuno. Kau pasti heran, seperti juga aku. Selama ini kita mengenal Yunani kuno sebagai sumber kisah Zeus dan semacamnya, tapi bukan kisah fable semacam

kelinci dan kura-kura. Namun, itulah faktanya, kisah balapan unik ini berasal dari negeri para Titan. Tapi itu belum seberapa dibandingkan jawaban dari pertanyaan berikutnya. Berapa usia kisah tersebut? Kisah itu dituturkan pertama kali sekitar 650 tahun sebelum Masehi. Astaga naga, baru sekarang aku tahu sebuah dongeng diketahui usianya. Dan dongeng ini lebih tua dari Nabi Isa! Taappiiii, itu semua tidak ada apa-apanya dibandingkan jawaban pertanyaan ketiga. Siapa pengarang dongeng tersebut? Pengarangnya adalah seorang budak jago cerita bernama Aesop. Gila, bukan! Untuk pertama kalinya aku mendapati sebuah dongeng yang sangat terkenal di tanahku ternyata berasal dari Yunani kuno, berusia hampir tiga ribu tahun, dan pengarangnya adalah Aesop, seorang budak Yunani yang meninggal di Delphi pada usia 56 tahun.

Sekarang coba jawab aku, berapa usia dongeng Malin Kundang? Siapa pengarangnya?
***

Aku memikirkan hal ini, dengan menjadi seorang penulis / pencerita, bahkan seorang budak pun dikenang namanya sampai ribuan tahun lamanya #arulight #aruliterature

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: