Posted in nebula, think

Kanguru dan Kesalahpahaman Antar Bangsa

image

Abad ke 17, pertama kali bangsa Inggris menapakkan kaki di benua Australia, di bawah pimpinan Kapten James Cook.

Di pantai, sang kapten bersama awak kapalnya dikerubungi orang-orang Aborigin yang penasaran. Itu pertama kali bagi penduduk asli benua muda melihat manusia dari ras berbeda dengan warna kulit yang juga berbeda. Bagi Kapten Cook dan kelasinya, jelas ini bukan pertama kalinya mereka melihat orang-orang berkulit gelap, tapi ini pertama kali bagi mereka menyaksikan hewan ajaib benua Australia.

Di pantai itu, para pelaut Eropa melihat untuk kali pertama hewan berekor panjang, berdiri di atas dua kaki, memiliki semacam dua tangan dan sebuah kantong di perutnya.

“What is that?” tanya para pelaut kulit putih.
“Kanguru, kanguru,” jawab para pengguna boomerang.

Jadi itulah pertukaran bahasa pertama antara orang kulit putih dari Eropa dengan penduduk asli Australia. Bukan halo, apa kabar, atau selamat datang, melainkan nama hewan, kanguru.

Selang beberapa waktu kemudian, setelah para pelaut itu tinggal cukup lama untuk mempelajari bahasa suku Aborigin, barulah mereka sadar bahwa kanguru artinya ‘aku tidak mengerti apa maksudmu.’ #arulight #arrival

Kisah ini saya ambil dari sepotong adegan film Arrival. Terima kasih untuk David dan Bio yang telah membantu proses menonton film tersebut.

Advertisements

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s