• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

Resensi Novel: Kapten Bhukal “The Battle of Alas Tua”

kapten-bhukal
Novel Indonesia Terbaru Untuk Perlindungan Satwa dan Hutan
Judul: Kapten Bhukal “The Battle of Alas Tua”
Penerbit: Metamind, Tiga Serangkai
Tahun terbit: Agustus, 2016
Tebal: 381 halaman
Genre: komedi, petualangan, action, fable, man vs nature

SINOPSIS
Kapten Bhukal adalah buku solo ke empat Arul Chandrana. Berbeda dengan buku-buku sebelumnya, kali ini Arul mengangkat tema perlindungan alam.

Novel ini menceritakan kisah seekor simpanse (Kapten Bhukal) yang terdampar di antara kawanan monyet hutan Bawean. Di tempat asing itu Bhukal dianggap aneh, mencurigakan, sekaligus berbahaya. Bhukal tidak bisa pergi ke tempat lain, dia membutuhkan kawanan untuk bertahan hidup. Maka apa yang harus dia lakukan agar diterima kawanan monyet hutan Bawean?

Di lain pihak, hutan Bawean sedang terancam kelestariannya. Para petani sedang gencar membuka lahan, wilayah hutan semakin berkurang, berubah menjadi lahan pertanian. Satwa Bawean semakin terdesak, kehilangan tempat tinggal dan kekurangan makanan. Tak ada yang bisa mereka lakukan selain menyingkir atau tewas saat menerobos ladang. Dengan senjata tajam dan anjing pemburu kejam, para petani berencana untuk memusnahkan semua satwa Bawean.

Tapi, hey, tunggu dulu! Apa gunanya simpanse kesasar itu wajahnya dipakai jadi cover buku kalau dia tidak ada gunanya buat kesejahteraan satwa? Gila aja! Nah, pada saat-saat genting itulah, ketika satu persatu kematian menjemput para satwa, baik jantan maupun betina, tua maupun muda, Kapten Ronaldo, eh maaf, maksud saya Kapten Bhukal, turun tangan memimpin semua hewan melakukan perlawanan. Semua hewan, yep, semua hewan. Termasuk babi hutan dan menjangan.
***

Ini novel yang besar, dia tidak sekedar menghadirkan cerita, dia tidak sekadar mengajak tertawa, lebih dari itu, dia ingin menguras isi dompetmu, eh, bukan, bwahahaha, maksud saya, novel ini hadir untuk mengajakmu mengerti dan peduli pada alam, pada satwa, pada keanekaragaman dan kekayaan hayati. Kalau bukan kita yang peduli pada negeri ini, masak nunggu Doraemon? #aruliterature #kaptenbhukal

Anda bisa mendapatkan Kapten Bhukal di toko buku konvensional seperti Gramedia, Togamas atau yang lain. Anda juga bisa membelinya di toko buku online seperti Jualo.com, bukalapak.com, atau tokopedia.

Advertisements

One Response

  1. kapten bhukal sangat menarik dan penghilang stres, cobalah buat terbitan untuk bahasa asing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: