• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

Mendekat Pada Al-Qur’an [Part One]

image
1. Surat Al-Faatihah, dalam bahasa Inggris diterjemahkan The Opening, dalam bahasa Indonesia artinya Pembukaan. Ini adalah Suurah pertama dalam Al-Qur’an, ia sebagai pembuka sekaligus garis besar dari keseluruhan isi Al-Qur’an.

2. Setiap bab dalam Al-Qur’an disebut Suurah. Ada Suurah yang pendek ada pula yang panjang dan sangat panjang.

3. Dalam proses pewahyuan, ada Suurah yang diwahyukan secara utuh dalam satu kesempatan, ada pula yang diwahyukan bagian perbagian dalam beberapa kesempatan berbeda.

4. Ayat adalah bagian dari Suurah yang juga bermakna ‘pertanda’. Bagi orang yang beriman pertanda dari Allah tidak hanya bisa diambil dari Al-Qur’an, tapi juga dari mempelajari sejarah dan fenomena alam (dua faktor tersebut banyak tercantum dalam Al-Qur’an). Kita orang Indonesia tidak kesulitan memahami makna ayat karena kata ayat sudah diserap ke dalam Bahasa Indonesia.

5. Lantas, siapa yang mengatur susunan Al-Qur’an seperti yang kita ketahui sekarang? Semua itu atas perintah Rasulullah berdasarkan petunjuk dari Allah. Penempatan setiap ayat dalam Suurah, posisi Suurah dalam Al-Qur’an, semua itu sudah diatur oleh Rasulullah, bukan atas inisiatif para sahabat. Memang yang mengumpulkan teks Al-Qur’an adalah para sahabat, tapi urutan / susunannya berdasarkan perintah Rasulullah.

6. Tujuh ayat dalam Suurah Al-Faatihah adalah satu kesatuan yang utuh dan wajib dibaca dalam solat serta sering dibaca dalam banyak kesempatan.

7. Dalam kontemplasi spiritual, hal pertama yang harus dilakukan adalah pujian / pengagungan, maka surat Al-Faatihah ini berisi banyak pujian kepada Allah. Jika kita memuji Allah dengan jujur dan ikhlas, mengakui dengan sadar kekuasaan-Nya, bukan sekadar bibir mengucapkan bunyi yang dihapal, maka pujian itu akan mendekatkan diri kita kepada ridha-Nya. Selanjutnya kita hanya akan melihat kebaikan, kedamaian, dan keharmonisan. Sehingga kita bisa melaksanakan ibadah dengan pengetahuan, bukan sekadar ibadah otomatis karena rutinitas. Kemudian, ibadah tersebut akan menjadi jalan bagi datangnya petunjuk Tuhan #TheQuran #arulearn

Anda bisa menemui saya di Twitter @arulight

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: