Posted in nebula, think

Telaga Benges Berbahaya Kini

image

Telaga ini tepat berada di sebelah barat desa Benges, hanya sekitar sepuluh langkah dari masjid. Masyarakat memanfaatkan air telaga ini selain untuk pertanian juga untuk konsumsi. Sebelum pemerintah membuat sungai anakan Bengawan Solo, telaga ini memegang peranan penting bagi kebutuhan hidup masyarakat Benges.

Sekitar 20 tahun yang lalu, pemerintah desa berinisiatif untuk mengeruk telaga yang sudah agak dangkal. Big hoe didatangkan untuk menggali telaga. Dalam proses penggalian, di tengah telaga ditemukan gundukan tanah yang tak wajar. Saksi mata menyebutkan jika gundukan itu tampak seperti buatan manusia dan sengaja diletakkan di sana.

Petugas pengeruk telaga tidak peduli, mereka mengeruk apa saja yang ada di permukaan telaga termasuk gundukan tanah asing tersebut. Dalam beberapa hari, proyek desa tersebut pun rampung. Tapi masalah justru datang sesudahnya.

Setelah penggalian dan penyemenan tepi telaga rampung, air yang ditampung telaga perlahan-lahan berubah. Air yang awalnya jernih, bersih dan tidak berbau sedikit demi sedikit menjadi keruh, kehijauan, dan baunya tak sedap. Masyarakat berhenti mengkonsumsi air telaga karena tampak jelas sekarang tidak aman lagi bagi manusia. Sejak saat itu, hilanglah sumber air berharga masyarakat Benges.

Sampai sekarang, air telaga masih tidak bisa digunakan kecuali untuk pertanian #arulight

Anda bisa menemui saya di Twitter @arulight

Advertisements

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s