Posted in ehon, nebula, think

Awas, Medsos Bisa Membongkar Kepribadian Kita yang Ganda

image

Acap kali saya mendapati di medsos kawan-kawan yang membohongi dirinya sendiri. Mereka itu, pada tanggal 4 menyatakan sikap A, ternyata pada tanggal 23 mereka justru membuat tulisan yang bertentangan dengan tulisannya pada tanggal 4. Mereka pada suatu hari marah-marah karena ada orang lain yang mencampuri urusannya, tapi beberapa minggu kemudian mereka justru menulis status sibuk membahas orang lain. Suatu saat mereka menulis nasihat tentang keutamaan sabar, di waktu kemudian mereka dengan royal mengumbar kekesalan dan umpatan. Suatu waktu mereka menulis ‘pikirkan hidupmu sendiri, apa urusannya dengan hidupku?’ tapi tiga minggu berikutnya mereka menulis ‘astagfirullah, gak nyangka ya Si Minul, ternyata dia bla bla bla’. Dan sebagainya, dan sebagainya.

Ini tentu saja menggelikan. Mereka lupa bahwa medsos bukanlah cangkem. Jika pembicaraan akan keluar saat diucapkan, dan akan hilang saat orang lupa. Tapi status medsos tidak demikian. Status akan keluar saat ditulis dan akan terus ada di sana selamanya kecuali kau menghapusnya. Dan, walaupun sudah kau hapus jika ada orang lain screenshoot tulisanmu tadi, bah, kau tak akan bisa menghapus jejak pernyataanmu.

Terkadang, ketika menemukan teman Facebook yang sedang berubah sikap, saya sangat tergelitik untuk nyeletuk dan bilang, ‘euy, kemarin lu bilang bla bla bla, mengapa sekarang kamu begini?’ namun demikian, saya selalu mengurangkan niat tersebut. Mengapa? Ya tentu saja, buat apa cari masalah dengan orang lain? Dunia nyata sudah punya banyak masalah tanpa harus menambah masalah dengan membahas masalah orang lain. Ingat selalu pesan berikut: dari seratus orang dewasa yang berbuat kesalahan, hanya ada satu anak kecil yang bisa ditegur bahwa ada kontradiksi dalam kepribadiannya. Nah! Bayangkan, yang diteliti orang dewasa, ternyata yang baik malah anak kecil. Itu menunjukkan jangan sekali-kali mencoba mengoreksi kepribadian orang dewasa tanpa persiapan jiwa dan raga.
***

Selanjutnya, pada saat saya sedang menulis ini, sebuah curiga mengusik pikiranku: jangan-jangan aku termasuk orang yang tidak konsisten itu! Waduh.

Jangan-jangan suatu saat aku pernah bilang G, tapi esoknya aku menunjukkan sikap Z. Jangan-jangan, di rumah mereka masing-masing, teman-teman fbku sedang menertawakanku. Bwahaha, ampun deh, ternyata kita gak ada bedanya #arulight

Anda bisa menemui saya di Twitter @arulight

Advertisements

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

2 thoughts on “Awas, Medsos Bisa Membongkar Kepribadian Kita yang Ganda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s