Posted in nebula, think

Solusi Masalah Sekolah yang Berantakan dan Melempem

image

Untuk membuat masakan yang lezat, kau butuh rempah-rempah yang tepat juga kompor yang sehat. Masakanmu tidak mungkin bisa matang sempurna jika kompormu hidup nyala tak keruan. Begitu pula, masakanmu akan kiamat rasanya walau sudah matang tapi rempahnya berantakan. Keduanya saling mengisi, saling melengkapi.

Nah, urusan sekolah pun demikian.

Kelas yang hidup, aktif, dan bersemangat bukan hanya tergantung keahlian gurunya. Demikian pula sebaliknya, kelas melempem, malas, bolos 87%, selalu ingin bubar, tidak selalu bukti kemerosotan muridnya. Kedua pihak sama-sama bertanggung jawab.

Jika guru sudah rajin masuk, datang tepat waktu, mengajar dengan baik, eh muridnya pada bolos, ya berantakan sekolah. Mau ngapain guru masuk kelas kalau cuma buat menghitung bangku kosong?

Pun, ketika murid sudah rajin, berseragam rapi, buku dan alat tulis lengkap, datang tepat waktu, duduk asyik menunggu guru, eh sampai jam pulang berbunyi tak ada satu pun guru yang muncul! Daripada duduk bengong lebih asyik pergi ke sungai nangkap belut!

Yang sedang kita bicarakan ini adalah urusan sederhana saja, tak perlu banyak teori, tak perlu ngotot saling menyalahkan. Kunci dari problem ini adalah: kedua pihak. Bagaimana agar suasana belajar mengajar berjalan menyenangkan? Guru dan murid harus semangat. Bagaimana agar setiap hari kelas penuh? Guru dan murid datang ke sekolah dong. Bagaimana agar sekolah berantakan dengan sempurna? Guru dan murid jangan ada yang datang ke sekolah!

Selanjutnya, bagaimana jika keadaan sudah terlanjur buruk? Jika muridnya yang buruk, guru harus berusaha keras memperbaiki murid. Bagaimana jika gurunya yang buruk? Pengurus sekolah yang memperbaiki guru. Jika murid yang turun tangan, wah, bisa perang itu.

Lantas, bagaimana jika guru dan murid kompak buruk? Tentu saja dengan memperbaiki guru terlebih dahulu, kemudian bersama para guru memperbaiki murid. Tapi, tunggu dulu, memangnya ada sekolah yang kondisinya separah itu? Jika Anda membaca buku Sekolahnya Manusia, Anda pasti tahu saya tidak sedang bercanda #arulight

Anda bisa menemui saya di Twitter @arulight

Advertisements

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s