• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

Kamus Tiga Bahasa: Bahasa Bawean – Bahasa Indonesia – Bahasa Inggris (Dilengkapi dengan Contoh Kalimat dalam Tiga Bahasa)

pelajar bawean berangkat sekolah

foto credit: bawean.net

KATA PENGANTAR

Butuh waktu yang sangat lama untuk menyusun kamus Bahasa Bawean ini. Saya telah memulainya pada tahun 2009, tapi kamus tersebut hanya mengandung beberapa kosakata saja—sekitar 24 kosa kata, sungguh jumlah yang sangat menyedihkan untuk bisa disebut sebagai sebuah kamus. Kemudian saya berhenti, tidak menulis entri apa pun selama masa yang panjang. Saya baru memulainya lagi pada 19 Maret 2014. Sayangnya, usaha itu pun tidak bisa berjalan konsisten. Setelah lima halaman, saya berhenti menyusun kamus ini.

Dan berikutnya, pada suatu pagi di bulan April—tepatnya tanggal 3 April 2015, saya berketetapan untuk melanjutkan proyek bahasa ini. Saya merasakan suatu dorongan yang begitu menggelitik untuk melanjutkan proyek yang terbengkelai hampir tujuh tahun lamanya. Seperti yang Anda tahu, bukan sesuatu yang mudah untuk melenyapkan begitu saja ambisi selama tujuh tahun. Maka saya harus kembali mengerjakannya, sebelum bahasa Bawean semakin sulit disusun kamusnya, sebelum saudara-saudara keturunan orang Bawean di luar negeri kehilangan minatnya untuk mempelajari bahasa nenek moyangnya sendiri.

Untuk itu, saya ingin mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada teman-teman keturunan Bawean di rantau yang menghubungi saya menanyakan tentang kamus ini. Selama ini saya hanya bisa memberi janji kepada mereka, sekarang saya ingin mewujudkan janji tersebut. Sungguh, jika kalian tidak menanyakan tentang kamus tersebut, mungkin saya akan terus-terusan asyik melupakan rencana penyusunannya.

CARA PENGGUNAAN

Kamus ini di susun menggunakan kosa kata Bahasa Bawean sebagai entri awal. Disusul dengan kosa kata Bahasa Indonesia (ditandai menggunakan angka), kemudian kosa kata Bahasa Inggris (ditandai menggunakan huruf). Antara satu makna kata dengan makna kata yang lain dipisahkan menggunakan garis miring ( / ). Contoh kalimat ada di bagian akhir entri setiap kata.

Setiap entri baru akan baca selanjutnya

2 Responses

  1. asli org bawean mas??

Leave a Reply

