• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

#6 Tahukah Anda, Pulau Bawean Dikelilingi Oleh Pantai-Pantai Paling Manis Di Dunia?

SONY DSC

SONY DSC

Penduduk dari negara-negara seperti Afghanistan, Armenia, Austria, Bolivia, Republik Ceko, Luksemburg, Swedia, Swiss, dll, pastilah sangat nelangsa hari liburnya karena negara mereka tidak punya satu pun pantai, pantai terburuk sekali pun. Negara-negara yang ada di tengah benua harus menelan fakta bahwa territorial mereka terlalu masuk ke dalam sehingga tidak ada laut yang menyentuh perbatasannya. Lantas apa serunya hari libur jika ke pantai saja mereka tak bisa?
Kenestapaan seperti itu tidak pernah menimpa orang Bawean, karena ke mana pun kau pergi pada akhirnya kau akan berakhir di pantai yang indah menawan. Kau bisa bertemu Pantai Pasir Putih, Pantai Bayangkara, Pantai Jorat Lanjong, Pantai Tajung Go’ong, Pantai Putri, Pantai Tajung Kima, Pantai Bom, Pantai Diponggo, Pantai Gili, Pantai Bangsal, Pantai Somor-Somor, Pantai Bakung, Pantai Pateken, Pantai Aram-Aram, Pantai Tajung Karasak, Pantai Pulau Noko, dan tentu saja Pantai Labbhuan. Semua nama pantai yang kusebutkan ini hanyalah sebagian kecil dari semua pantai yang ada di Bawean.

Walaupun tidak sesering teman-temanku, tapi aku hampir selalu mengunjungi pantai Labbhuan di hari libur. Kini aku menyesal mengapa tidak membuatnya ‘selalu mengunjungi Labbhuan di hari libur.’ Labbhuan ini pantai yang unik, dia memiliki wilayah berupa hamparan pasir abu-abu dan putih yang luas membentang ke timur. Sementara di wilayah baratnya, pantai Labbhuan berupa hamparan karang kecil dan lumpur hitam tempat tinggal milyaran berbagai macam spesies kerang. Jika kau pergi ke Labbhuan, kamu bisa melakukan dua hal bermanfaat sekaligus: berwisata menyegarkan pikiran di bagian timur pantai, dan mencari kerang buat lauk makan di bagian barat pantai.

Dalam novel baru saya, Sang Penakluk Kutukan, pantai Labbhuan menjadi turning point atas tragedi yang akan menimpa desa Kumalasa. Pantai ini akan menjadi bagian yang sangat penting dari ruh dan jalan cerita. Terkadang menjadi penulis adalah menjadi orang yang paling bengis di dunia, bagaimana bisa pantai seindah Labbhuan malah dijadikan awal dari sebuah kehancuran? #arulight
[Menyongsong terbitnya buku baru #Sang_Penakluk_Kutukan #Penerbit_Republika]

Anda bisa menemui saya di Twitter @arulight

bawHL

pantai jorat lanjong

image

Pembaca yang budiman, untuk pemesanan buku Sang Penakluk Kutukan, Anda bisa mendaftarkan diri dengan mengirim pesan (inbox) ke layanan berikut:
Facebook: Arul Chandrana
Email: archandrana@gmail.com
WhatsApp: 0822 3330 8242
Anda akan terdaftar sebagai pemesan dan mendapatkan pemberitahuan ketika buku ini sudah terbit, termasuk harga buku, ongkos pengiriman, dan nomor rekening pembayaran.

Atas perhatiannya, kami ucapkan banyak terimakasih. Salam.

Advertisements

2 Responses

  1. cantik banget pantainya mas 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: