• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

#5 Tahukah Anda, Jika Anda Kehilangan Barang Berharga Orang Pintar di Bawean Akan Menemukannya Menggunakan Radar Telur Ayam?

ramalan telur mentah
Maghrib baru saja selesai dan kami bersiap untuk mengaji. Aku masih madrasah waktu itu, mungkin kelas 5. Tiba-tiba seorang tetangga datang dan meminta izin kepada kakekku untuk membawa beberapa santrinya ke kampung sebelah, menemui orang pintar. Aku salah satu yang ikut rombongan. Kami pun jalan kaki ke sana, melintasi jalan buruk dan gelap, menuju desa Padong (sekarang Kumala Baru). Rombongan kecil itu berjalan mantap dengan satu harapan: meminta tolong si orang pintar untuk menemukan kalung emas yang hilang.

Ini adalah praktik yang jamak terjadi pada saat itu—mungkin sampai saat ini juga. Ketika kami kehilangan barang, entah itu hilang uang, cincin emas, kalung atau gelang, surat berharga, bahkan kehilangan orang, kami tidak perlu repot-repot melapor polisi yang biasanya urusan malah jadi semakin merepotkan. Alih-alih, kami mendatangi orang pintar yang sudah kesohor dalam menemukan barang-barang hilang.

Malam itu, si orang pintar dari desa tetangga mendudukkan kami melingkari piring yang dituangi isi sebutir telur ayam kampung. Sebelumnya ia telah membacakan entah apa pada telur tersebut. Dia memerintahkan kami untuk mengamati telur tersebut dengan seksama. Jangan bersuara. Jangan berisik. Lihat saja ke kuning telurnya. Lalu laporkan apa pun yang tampak di sana.

Aku diam membisu selama beberapa menit. Tegang dan frustasi karena sejak menit pertama yang kulihat hanya kuningnya kuning telur saja. Tidak ada penampakan apa pun di sana. Tidak tampak lokasi hilangnya si kalung, atau, sosok yang mencurinya seandainya kalung tersebut dicuri. Ketika kami sudah mulai merasa capek dan kakiku mulai kram, seorang bocah perempuan, cucu si pemilik kalung memekik, mengejutkan semua yang hadir, “itu, aku lihat! Ada orang yang ngambil kalung mbah. Orang itu membuntuti mbah dari pemandian umum sampai rumah. Dia yang ngambil!”

Asataga naga! Aku terkejut bukan main. Kami semua menjadi gusar dan dengan kalap memelototkan mata mencoba melihat apa pun di dalam kuning telur tersebut. Beberapa bocah ingusan mulai bersorak, menceritakan hal serupa dengan si cucu tadi. Aku semakin melotot dan semakin tidak menemukan apa pun. Malam itu aku gagal menyaksikan keajaiban radar pendeteksi maling dari si kuning telur. Aku tidak punya bakat menjadi dukun.

Selanjutnya, kalau tak salah ingat, salah satu tetangga si pemilik kalung menjadi tersangka. Kehebohan terjadi di sana. #arulight
[Menyongsong terbitnya buku baru #Sang_Penakluk_Kutukan #Penerbit_Republika]

Anda bisa menemui saya di Twitter @arulight

image

Pembaca yang budiman, untuk pemesanan buku Sang Penakluk Kutukan, Anda bisa mendaftarkan diri dengan mengirim pesan (inbox) ke layanan berikut:
Facebook: Arul Chandrana
Email: archandrana@gmail.com
WhatsApp: 0822 3330 8242
Anda akan terdaftar sebagai pemesan dan mendapatkan pemberitahuan ketika buku ini sudah terbit, termasuk harga buku, ongkos pengiriman, dan nomor rekening pembayaran.

Atas perhatiannya, kami ucapkan banyak terimakasih. Salam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: