• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

Apakah Tidak Benar Teori yang Menyatakan Bahwa Hamburger Buatan Orang Jawa?

image

Orang Jawa punya mitos tentang buto ijo, ia adalah raksasa berwujud manusia dengan kulit kehijauan dan rupa sangat mengerikan. Dalam legendanya buto ijo bukan hanya sekadar menakuti manusia, tapi juga memakannya! Manusia adalah santapan paling lezat untuk para buto ijo. Ini setidaknya menjelaskan mengapa populasi manusia pada jaman dulu tidak sebanyak sekarang.

Pertanyaannya, bagaimana cara buto ijo menangkap manusia? Apakah mereka membuat jebakan sebagaimana manusia membuat perangkap burung? Menaruh umpan dan manusia pun terjerat di sana? Sayangnya, para buto ijo memang melakukannya. Ini menjelaskan mengapa orang jaman dulu tidak sepintar orang jaman sekarang.

Penelitian yang dilakukan Von Koenigswald di Alas Roban menemukan bahwa buto ijo membuat perangkap berupa tempat tidur yang sangat empuk dan nyaman yang mereka taruh di tepi-tepi jalan. Untuk membuat perangkap tempat tidur tersebut buto ijo menggunakan warna warna yang secara naluri bisa menggugah rasa ngantuk sekaligus merangsang selera makan bagi yang melihatnya.

Dengan cerdik buto ijo memasang perangkap tempat tidur pada lokasi yang teduh dan lapang tepat di ujung jalur yang sulit dan melelahkan. Biasanya, para pencari kayu yang letih menggotong kayu dan payah melintasi jalan yang sulit, akan terpesona ketika tiba-tiba di depan mereka tersaji tempat tidur yang sangat indah dan nyaman. Para pencari kayu itu serta merta menurunkan bebannya dan berebutan tidur di dipan perangkap. Pada saat mereka sedang enak-enaknya menggeliat dan tersenyum di bawah selimut, buto ijo pun muncul dari balik pohon dan memakan mangsanya satu persatu. Superb.

Dengan izin pemerintah kolonial Belanda Von Koenigswald membawa satu contoh dipan perangkap buatan buto ijo ke kampung halamannya. Di sana dia melakukan penelitian intensif bersama rekan-rekannya dan satu windu kemudian, lahirlah hamburger. Ini menjelaskan mengapa sekarang banyak terjadi perang, semua orang tanpa sadar telah berubah menjadi buto ijo yang memangsa manusia lainnya #arulaugh #arulight #aruliterature

Anda bisa menemui saya di Twitter @arulight

Advertisements

2 Responses

  1. ono-ono wae 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: