• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

Mengapa Membaca Buku Lebih Menyenangkan Daripada Menonton Film

image

Banyak orang yang lebih menyukai nonton film daripada membaca buku karena alasan ini: nonton film bisa diselesaikan dalam waktu 90 menit, sedangkan untuk menyelesaikan sebuah buku 400 halaman butuh waktu setidaknya satu minggu. Well, jawaban tersebut memang benar, dan justru karena benar maka jawaban tersebut salah.

Menonton film memang tidak butuh waktu lama, singkat saja, sekali duduk. Maka dari itu, kebahagiaan yang kau rasakan pun tidak lama, singkat saja, sekali duduk. Setelah 90 menit, usai sudah semua ketegangan itu, habis sudah petualangan itu, raib sudah kisah romantis itu, uangmu untuk beli ticket bioskop selesai dalam 90 menit. Semua sorak sorai jerit histeris tepuk tangan dan degup jantung berakhir begitu daftar pemain muncul di layar gelap akhir cerita. Bye bye. Akan halnya membaca buku, kau tidak akan merana secepat itu.

Membaca sebuah novel 400 halaman kurang lebih membutuhkan waktuseminggu, itu artinya selama seminggu kau akan menikmati petualangan menegangkan di hutan Amazon, selama seminggu kau akan bertarung melawan penyihir dan makhluk jahat Middle Earth, selama seminggu kau akan belajar ilmu ajaib di kastil Hogwards, selama seminggu kau jatuh cinta pada Savannah Lynn Curtis, selama satu minggu kau memelihara gajah bersama Anjani, selama satu minggu kau jengkel sama Ustadzah Hirzi, selama satu minggu kau mengintip Packy mencuri pohon Natal, selama satu minggu kau berkorban untuk keluargamu bersama Kak Laysa, selama satu minggu kau menjadi pencuri anggrek hantu di Florida, selama satu minggu kau berkeliling bersama pelukis gila yang membuat seluruh kota jadi gila, selama satu minggu kau menghantam para berandal bersama Jack Reacher yang mantan anggota militer, selama satu minggu kau hidup di masa lalu menemani gadis melayu yang ditinggalkan kekasihnya belajar ke Batavia sedangkan orangtuanya akan menyodorkan si gadis dengan seorang saudagar kaya tua, selama satu minggu kau menjadi murid SD Muhammadiyah reot tapi penuh dengan semangat lagi tak takut menghadapi buaya, dan selama satu minggu pula kau belajar agama di Al-Azhar, Mesir, kemudian tanpa sengaja kau bertemu seorang muslimah cantik di trem yang akan mengubah hidupmu, membawamu masuk penjara, menemukan cinta, dan meraih bahagia, bersamanya. Lihatlah, dengan membaca buku kau bisa berbahagia selama satu minggu yang indah.

Dan bukan hanya itu, ada lebih banyak lagi kebahagiaan yang bisa kau temukan dari buku, ada lebih banyak petualangan, ada lebih banyak keharuan, ada banyak pilihan. Kau bisa menikmati berminggu-minggu keajaiban bersama buku. Jadi, apa yang mencegahmu membaca buku?

Nah, kawan, sekarang, selamat menikmati buku di hari Minggu #aruliterature

Anda bisa menemui saya di Twitter @arulight

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: