• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

Mengapa 90% Perusahaan Baru Bangkrut sebelum Berkembang

Building-demolition.jpg

perusahaan roboh

Sebuah perusahaan pada esensinya adalah sekumpulan orang yang bergerak bersama untuk mencapai satu tujuan. Gambaran terbaik tentang ini adalah sebuah tim dayung. Delapan orang pendayung dengan satu commander mengerahkan semua usaha dan pikiran  bersama-sama menuju garis finish. Jika ada satu saja pendayung tidak bisa menyamai standar, maka kacaulah tim tersebut.

Masalah sebuah perusahaan sebenarnya adalah SDM yang bermasalah. Tidak peduli sebesar apa rintangannya, jika semua personil bekerja dengan baik, perusahaan tersebut akan mengatasinya dan menjadi semakin kokoh. Hal ini yang sering kali disalahpahami oleh CEO. Mereka menyepelekan peningkatan mutu employees (pegawai) dan terlalu fokus pada advertisement (iklan, pencitraan). Padahal, walaupun tidak ada rintangan, tapi perusahaan tersebut memiliki–katakanlah–empat pegawai bermasalah, tak butuh waktu lama bagi perusahaan tersebut untuk jatuh bangkrut dengan memalukan.

Maka ubah pola pikir, sadari esensi, bukan ekspansi. Untuk membuat perusahaan anda menjadi besar, perbaiki kualitas pegawai Anda. Untuk mengatasi masalah perusahaan, perbaiki kualitas pegawai Anda. Untuk membuat perusahaan Anda semakin berkembang dan dipercaya konsumen, perbaiki kualitas pegawai Anda.

Jangan segan mengeluarkan dana perbaikan SDM, jangan segan melakukan pelatihan professionalism kerja, jangan segan mengeruk dana pengembangan. Lebih baik Anda menggunakan dana besar untuk perbaikan SDM daripada menghabiskan dana untuk mengembalikan kepercayaan konsumen. Itu rahasia kesuksesan dan kejatuhan yang harus selalu Anda ingat.

Oh ya, adakah solusi yang lain untuk meningkatkan kualitas employees selain dengan mengeruk dana pelatihan? Ada, yaitu pemecatan. Tapi pertanyaannya, Anda yakin berani mengambil pegawai baru yang belum berpengalaman satu hari pun? #arulight

Anda bisa menemui saya di Twitter @arulight

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: