• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

Pisau Tajam Istri dan Pisau Karatan Orang Gila

image

Ada seorang suami yang setiap hari melihat istrinya memegang pisau baja sangat tajam di dapur rumahnya. Setiap kali lelaki tersebut melihat istrinya memotong daging, atau sayur mayur, dia akan tersenyum senang sembari memberi satu ciuman sayang.

Pada suatu sore, ketika istrinya sedang menyiapkan makan malam, lelaki tersebut berlari kalang kabut ke dalam rumah.

“istriku, ada orang gila bawa pisau karatan!”

“di mana dia?” tanya istrinya. Pisau baja super tajam dalam genggaman tangannya.

“di depan rumah!”

“jangan khawatir suamiku.” jawab wanita tersebut sembari tangannya memutar pisau dengan cepat.

Sang suami tersenyum, “cool. Kau memang mantan atlet wushu paling keren di dunia, sayang.”

***

Nah, dari kisah keluarga di atas, apa kau bisa melihatnya? Yang menjadi masalah bukan pisaunya, tapisiapa yang memegang pisau. Itu masalahnya. Tak peduli seberapa tumpul pisau, kalau dipegang orang gila, semua orang pasti ketakutan.

Setajam apapun pisau, jika yang membawa orang yang kita cintai dan mencintai kita, orang yang kita percaya, orang yang penuh kasih sayang, maka pisau itu takkan pernah menjadi ancaman.

Sejatinya, begitu pulalah masalah yang kita hadapi sehari-hari. Bukan masalah itu sendiri yang menjadi penyebab susahnya hidup, tapi kepercayaan Anda pada siapa yang mengendalikan masalah tersebut.

Jika Anda percaya bahwa kehidupan ini, beserta semua urusannya dikendalikan oleh manusia, bahwa setiap masalah Anda dikuasai oleh manusia yang lain, dan Anda percaya Anda sedang menjadi mangsa, maka sangat masuk akal kalau hidup Anda susah dan berat tak terkira. Jika Anda meyakini semua urusan Anda tergantung pada belas kasih manusia lainnya, maka sangat masuk akal kalau Anda selalu gelisah dan ketakutan. Pertanyaannya, mengapa Anda rela menggantungkan hidup pada sesama manusia dan menjadi bahan permainannya?

Sebaliknya, jika Anda percaya bahwa kehidupan ini, beserta semua urusannya dikendalikan oleh Allah, bahwa hidup Anda diurus oleh Sang Maha Pengurus makhluk, bahwa masalah Anda berada dalam pemantauan Sang Maha Kuasa, bahwa beban Anda dikendalikan oleh Sang Maha Pengasih, maka sungguh Anda tidak layak untuk merasakan takut dan gelisah dalam hidup. Ingat, masalah yang menimpa Anda tergantung pada siapa yang Anda percaya sebagai pengendalinya.

Jika Anda meyakini Allah adalah pengurus segala sesuatu, yakin sesungguhnya, pasrah dan ikhlas pada apapun keputusan-Nya, maka ketahuilah bahwa Anda tak perlu merasa takut dalam hidup. Mengapa? Karena Allah Maha Pengasih, Maha Penyayang, Maha Kuasa dalam mengurus urusan makhluk-Nya. Dan Anda tidak akan disia-siakan oleh-Nya #arulight

Anda bisa menemui saya di Twitter @arulight

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: