• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

Semua Guru Honorer Ganti Pekerjaan

Bagaimana jadinya kalau semua (aku bilang SEMUA, tanpa kecuali) guru honorer di Indonesia berhenti jadi guru dan alih profesi sebagai penjual akik (omzet perbulan bisa sampai 3jt an), membuka warung pecel lele Lamongan (perminggu bisa meraup 2jt bersih), pekerja bangunan (perhari 60k), security pabrik (perbulan 1.5 jt, tergantung pabriknya). Lantas apa yang terjadi dengan pendidikan dan generasi muda negara yang sudah merdeka 70th ini? Oh ya, mengapa saya memberikan contoh alih profesi yang berkisar di pekerja kasar (tak perlu standar keilmuan tinggi)? Agar kita bisa membandingkan kualitas ‘kocek’ pekerja ilmu dan pekerja otot. Juga, kualitas istirahat mereka (pekerja bangunan cukup kerja siang hari, malamnya istirahat. Tak perlu ngoreksi, mempersiapkan materi, menyiapkan soal, dll). So, apa kira-kira yang terjadi jika semua guru honorer merantau ke Malaysia, bekerja di sana, dan dua tahun kemudian pulang bikin rumah, terus kembali lagi ke malaysia? Apa yang terjadi?

Kupikir, sarjana pendidikan yang paling menakjubkan adalah David. Dia kuliah utuh 4 tahun, nilainya baik bahkan banyak juga yang A (kecuali PKN), dia menyelesaikan kuliah dan wisuda dengan sentosa. Tapi dia tidak mengambil ijazahnya! Dan dia sengaja tidak mengambilnya. Sampai sekarang dia gagal menjadi guru, dan secara berkala rekening BRI nya ditransfer dollar dan pounds. Bukannya menerima rupiah dalam amplop putih seperti kebanyakan temannya yang menjadi guru.

“aku gak pernah ngisi rekeningku.” kata David suatu pagi di rumahku. “tapi mereka yang transfer. Dollar, pounds. Bwahahaha”

Sementara si David sibuk tertawa, dia tidak melihatku serius mengasah keris di bawah meja #arulight

Anda bisa menemui saya di Twitter @arulight

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: