Posted in nebula, think

Pokoknya, Pacarku Paling Cakep. Pacar Orang Lain Muka Rata Semua

image

Ketika kau menyukai seseorang, kau akan selalu dan selalu membicarakan kebaikannya, pesonanya, dan keindahannya. Kau tidak punya kesempatan untuk mengatakan hal buruk yang dia lakukan walaupun itu kenyataan. Demikian pula sebaliknya, kebencian membuat seseorang menutup mulut atas setiap kebaikan. Yang dibicarakan melulu keburukan, keburukan dan keburukan. Ini rumus dasar atas banyak hal.

Membaca tulisan semua orang di Facebook (atau medsos lainnya) sebenarnya sama dengan membaca pola pikir semua orang. Kau bisa membaca ada orang-orang yang selalu menuliskan hal-hal negatif tentang sesuatu selalu dan selalu, seakan tidak ada kebaikan yang dilakukan oleh objek tulisannya itu. Tidak peduli itu berita tak jelas, tak peduli itu pelesetan sarcastic, tak peduli itu bisa menyulut permusuhan, orang tersebut akan terus menuliskannya. Contoh paling baru ya masa-masa pemilu itu.

X: tapi, mengapa kok ada orang yang selalu menuliskan hal buruk tentang Islam? Bahkan ketika umat Islam menjadi korban kekerasan, pun masih disindir dan disalahkan? Gak usah dikatakan kalau orang Islam yang melakukan kesalahan, jadi bulan-bulanan dia.

Y: Untuk menjawab pertanyaan tersebut, rumus yang sama pun berlaku: mereka benci Islam, atau memusuhi Islam, atau minimal tidak suka dan risih pada apapun yang berbau Islam. Mudah saja untuk menelisik hal ini.

Periksalah semua tulisannya yang bertema keislaman, jika porsi tulisan yang negatif jauh lebih banyak daripada yang positif, itu sudah menandakan sudut pandangnya terhadap Islam atau keislaman. Karena memang dia selalu berpikir buruk tentang Islam. Dia tidak bisa menerima hal baik tentang Islam, dia selalu tergoda dan bergairah untuk membicarakan keburukan dan keburukan. Bagi mereka, risih dan aneh untuk memuji Islam. Tapi asyik dan terpuji untuk menyepelekan Islam.

X: tapi, mereka juga orang Islam lho.

Y: Iya, dan itu memang bisa terjadi. Penyebabnya, bisa karena orang Islam yang mereka lihat di sekitarnya bersikap tidak seperti yang mereka suka. Lalu ketidaksukaan personal tersebut dibawa ke ranah keimanan. Penyebab yang lain, bisa karena dia mendapatkan informasi yang salah tentang Islam. Informasi yang menjelekkan dan menyulut rasa tidak suka. Mungkin ada penyebab yang lain juga.

X: jadi, apa yang harus kita lakukan kepada mereka?

Y: Entahlah. Mengajak mereka bicara kadang malah membawa perdebatan sengit, dan mereka malah tambah benci pada Islam atau segala sesuatu tentang Islam. Menurutku, doakan saja mereka dan tetap berbuat baik, jangan memusuhi. Ingat, Islam menyuruh umatnya berbuat kebajikan, bukan permusuhan #arulight

Anda bisa menemui saya di Twitter @arulight

Advertisements

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s