Posted in nebula, think

Seberapa Asyik Menertawakan Agama?

image
X: Kau sudah baca tulisanku yang baru?

Y: belum, tapi tulisanmu paling ya gitu-gitu doang. Sesekali bikin yang unik dong, yang bikin panas kuping orang Islam.

X: Bwahaha. Kau tahu, kemarin aku melihat polisi membubarkan gerombolan anak muda yang sedang balapan liar. Mereka kalang kabut melarikan diri dari polisi. Yang menjadi pikiranku adalah, mereka belum memberi manfaat apapun bagi masyarakat dengan sepeda motornya tapi sudah berani membuat kekacauan.

Belum pernah aku melihat di antara mereka ada yang berhenti naik motor untuk memboncengkan nenek-nenek yang sedang letih berjalan kaki. Belum pernah mereka suka rela mengantarkan orang yang kesulitan berjalan. Atau apa sajalah pertolongan yang bisa mereka berikan dengan sepeda motornya.

Y: heh, itu bahaya, tahu! Kalau kamu asal bonceng, bisa-bisa kamu dicekik di tengah jalan.

X: nah, sejak kapan balapan liar tidak bahaya? Sejak kapan balapan liar aman dari kecelakaan? Kalau menolong orang kau anggap berbahaya, bagaimana lagi dengan balapan liar?

Y: hmm…

X: maksudku begini, aku ini lho belum memberi kontribusi apapun buat agamaku, sekuku semut pun belum, lha gitu kok mau bikin tulisan nyeleneh yang bikin runyam urusan beragama. Lha apa bedanya otakku dengan otak para pembalap liar itu? Belum pernah nolong orang tapi sudah ganggu lalu lintas. Belum bisa memakmurkan masjid, belum bisa berbagi ilmu, belum bisa zakat, belum bisa syiar, eh kok ujug-ujug mau bikin tulisan yang melecehkan agama atau yang membuat pemeluknya panas telinga. Kok ya kebangetan. Itu lho pemikiran sampah, masak kamu menyarankan aku bagi-bagi pikiran samp–hoy, hoy, mau kemana hoy? Aku belum selesai ini!

Y: mau ke masjid. Sholat magrib.

X: hoy, aku barusan pulang traweh.

Y:…… Mau ngepel masjid. #arulight

Anda bisa menemui saya di Twitter @arulight

Advertisements

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s