• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

Memeriksa Ukuran Kepuasan

image

Sudah tabiat manusia untuk melanggar dan menyepelekan aturan. Sepertinya hal itu sangat menggiurkan sehingga daya yang semestinya bisa dipakai untuk hal baik, malah dipakai untuk melakukan penyelewengan.

Orang membegal, bukannya bekerja. Orang korupsi bukannya berbakti. Orang balapan liar bukannya menolong. Orang mencaci bukannya menasihati. Orang merusak hutan bukannya menanam pepohonan. Dan banyak lagi yang tak cukup satu buku untuk mendatanya.

Demikian pula soal urusan agama. Walaupun sudah jelas tertulis di Al-Qur’an, di hadits shohih, godaan untuk melanggar terus berkobar. Ironisnya, sekarang ramai pemikiran meremehkan agama dan itu dianggap keren, terpelajar, modern, jagoan.

Segala hal yang menyangkut agama, diplesetkan, dijadikan lelucon, ditolak, dianggap kolot, dan segala macam penyimpangan.

Urusan ini sebenarnya mudah saja, jika kau tidak berminat jadi orang yang taat beragama, jadilah orang yang menghargai. Bukan sebaliknya, sudah tidak taat, hobi meludahi lagi. Apa manfaat yang ingin dibagi? Ketika kau tidak taat, itu urusanmu. Orang tidak akan mengejarmu sampai kolong tempat tidur. Tapi ketika kau membawa ketidaktaatan itu kepermukaan, menampilkannya pada khalayak, lalu menjadikannya bahan olok-olokkan, memangnya apa yang ingin didapatkan? Apa yang ingin dibuktikan? Apa yang ingin dibagi?

Atau, jangan-jangan, kau merasa puas ya dengan tindakan seperti itu? Kau suka ya dengan like dan komentar untuk tindakan tersebut? Wah, ternyata sumber kebanggaanmu sama sekali tidak mengesankan. Kau meraup kemasyhuran dengan perbuatan melecehkan. Itu kebanggaan jalanan #arulight

Anda bisa menemui saya di Twitter @arulight

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: