Posted in ehon, nebula, sastra, think

Sihir Andrea Hirata Menimpa Guru dan Muridnya

image

Sejak pertama kali kenal Laskar Pelangi, aku sudah terpesona dan dikuasai oleh sihirnya. Membuatku ingin terus berlari dan pada saat yang sama mengajak orang di sekitarku ikut lari bersamaku. Maka beberapa tahun yang lalu itu, seusai menamatkan LP, aku bercerita heboh pada anak-anak di TPA.

Sekarang, bertahun lewat setelah perkenalan pertama tersebut, Andrea Hirata kembali rocking my life. Terima kasih banyak buat Mbak Triana Dewi yang telah memberikan hadiah spesial ini, Ayah, karya terbaru Andrea. Tapi, bukan kisahnya yang paling menggetarkan bagiku–juga murid-muridku–karena aku baru akan membaca Ayah nanti selepas lebaran, yang paling membetot diri kami adalah halaman belakangnya.

Di beberapa lembar halaman belakang terdapat foto berbagai edisi Laskar Pelangi, ada yang bahasa Jerman, Jepang, Inggris, Taiwan, Hungary, Portugal, Spanyol, Bulgaria, Brazil, Korea, Arab, India, Canada, Australia, Amerika, Turki, juga akan menyusul edisi bahasa Ethiopia, Kenya, Myanmar, dll.

“Hey, apa kalian menyadari keajaiban ini? Kita mustahil kirim pemain sepak bola ke Spanyol, Portugal, apalagi Brazil, justru kita yang mendatangkan pemain dari sana. Tapi dengan Laskar Pelangi, kita telah mengirimkan Indonesia dan kisah hebatnya ke sana. Kita mustahil kirim boyband girlband ke Korea, malah kita yang jadi santapan, tapi dengan Laskar Pelangi, kita dibaca oleh ratusan bahkan ribuan orang.” anak-anak merinding, dari matanya kurasakan gejolak semangat berkilauan. “Kalian mau kirim apa ke China? Hehe, bahkan hp saya pun dari China. Tapi sekarang kita punya Laskar Pelangi di toko buku mereka.”

Kuceritakan lagi pada mereka betapa susah dan sulit kehidupan Ikal kecil beserta kawan-kawannya. Tapi kepercayaan pada kekuasaan Tuhan dan kebandelan dalam mengejar cita-cita sanggup melumat segala rintangan.

“Jika siswa dari sekolah kandang kambing, yang kalau turun hujan mereka harus pakai payung karena sekolahnya bocor, dan gurunya cuma dua orang, sanggup lulus S2 di Sorbonne Perancis, maka kamu yang sekolah di sekolah tembok dengan guru puluhan orang, bertitle sarjana semua, pasti sangat sanggup untuk sekadar jadi mahasiswa kedokteran! Semua itu tergantung pada tekadmu. Tindakanmu hari ini adalah penunjuk arah untuk dirimu di masa depan.” anak-anak diam menyimak, mereka masih berdecak kagum akan banyaknya jumlah edisi bahasa asing Laskar Pelangi. “Ingat ini anak-anak, it’s hard to beat a person who never gives up. Be that person today!” #arulight

Anda bisa menemui saya di Twitter @arulight

Advertisements

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s