• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

Hal Pertama Yang Diajarkan Al-Qur’an: Kasih Sayang

image

Al-Qur’an, kitab yang berisi wahyu Tuhan dan merupakan kitab suci umat Islam.

Jika kita baru pertama kali bertemu dengan seseorang, apa hal pertama yang kita lakukan? Berkenalan bukan? Hal yang sama juga dilakukan Allah dalam kitab Al-Qur’an.

Dalam ayat pertama kitab suci ini, Allah memperkenalkan diri-Nya kepada sekalian manusia. Bismillah, dengan menyebut nama Allah.

Perkenalan selanjutnya, masih dalam ayat pertama, Allah memperkenalkan  sifat-Nya kepada seluruh manusia: Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dengan demikian, siapapun yang membaca Al-Qur’an hal pertama yang dia ketahui tentang Islam adalah: Allah adalah Tuhan yang disembah umat Islam, dan Allah adalah Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Luar biasa.

Di dalam Al-Qur’an, semuanya adalah hal penting yang harus diketahui manusia, mulai dari serangkaian ibadah, kewajiban, larangan, sejarah, janji, ancaman, surga, neraka, ilmu pengetahuan alam, hukum, dll. Tapi dari semua yang tersebut di sana, hal pertama yang dilakukan Allah setelah menunjukkan diri-Nya adalah ‘memamerkan’ sifat agung-Nya, Pengasih dan Penyayang.

Allah tidak serta merta mengancam dengan api membakar, tidak menakuti dengan azab dunia dan akhirat, tidak menciutkan nyali dengan kutukan, atau membebani dengan kewajiban, alih alih Allah menenangkan hati dengan kasih sayang. Hal pertama yang dikabarkan pada manusia adalah bahwa Allah, Tuhan yang menciptakan alam beserta seluruh kehidupan, adalah Tuhan yang penuh dengan kasih dan sayang terhadap semua makhluk-Nya.

Kemudian, bagi umat Islam, yang mana perkenalan dengan Allah sudah dilakukan semenjak baru lahir ke dunia, apa keperluan dari ayat pertama ini? Tentu saja (diantaranya) untuk mengingatkan bahwa bersikap pengasih dan penyayang adalah keutamaan. Sungguh Nabi Muhammad mendakwahkan Islam dengan kasih sayang, bukan dengan ancaman dan kekerasan–perlawanan yang dilakukan Nabi adalah usaha-usaha untuk mempertahankan diri, yang mana hal itu diperbolehkan dalam Al-Qur’an (tapi baru di sebutkan jauh ratusan halaman setelah ayat pertama tentang kasih sayang) #arulight #ramadhaninlove

*disarikan dari buku Ust. Yusuf Mansur dengan beberapa tambahan
*Anda bisa menemui saya di Twitter @arulight

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: