Posted in nebula, sastra, think

Tips Menulis Hebat Paling Ringkas

Pada suatu hari, Aptuyu, presiden Amerika ketujuh yang selalu gagal dalam pemilu, mendatangi seorang seniman pahat dari Bali yang karya-karyanya terkenal sampai ke Uganda dan Mesopotamia, Uda David.

“Uda, tolong ajari saya memahat yang baik dan cantik. Saya sudah membaca semua buku tentang memahat, menonton video, menghadiri seminar, juga mengoleksi banyak ukiran, tapi sampai sekarang belum juga yakin bisa memahat dengan baik. Siapa tahu setelah mendapat nasihat dari Uda saya menjadi pemahat terkenal dan berhasil menjadi presiden Amerika sungguhan.” President Aptuyu menyampaikan uneg-unegnya.
Uda David bermenung beberapa saat. Dia periksa telapak tangan Aptuyu, halus lembut. Dia endus pakaiannya, harum mewangi. Lalu Uda David pun berdiri dengan gagah.
“Agar menjadi seorang pemahat hebat, yang harus Mister lakukan adalah: jogging 24 menit, tarik napas 64 kali, lempar-tangkap bola bekel 32 kali, salto belakang 73 kali, lalu istirahat sambil menyesap kopi tadi pagi, berbaring di bawah pohon sambil berkhayal menjadi pemahat hebat. Nah,itulah rahasianya.”
“What the ngak!” president Aptuyu bangkit dengan muntab. Dia keluarkan tusuk sate sisa idul adha tahun lalu sambil berkata berang, “nasihat bodoh macam apa yang Uda berikan padaku?! Jangan menghina saya!”
“Saya tidak menghina Anda tuan presiden, tapi Andalah yang melakukannya pada diri Anda sendiri. Memahat adalah sebuah keterampilan, Anda tidak bisa menjadi pemahat hebat hanya dengan menghafal semua teori, yang perlu Anda lakukan adalah praktik! Terjun langsung, memahat sampai tanganmu kapalan, memahat sampai keringat membanjiri tubuh. Hanya dengan itu Anda bisa menjadi pemahat hebat.” Uda David menepuk pundak presiden Aptuyu dengan bijaksana, mengingatkan cameraman pada salah satu adegan Sinto Gendeng dan Iron Man di film Cinta Chibby di Taman Chubby.
“Perpocong dengan nasihatmu.” Presiden Aptuyu menepis tangan Uda David, “memangnya siapa yang mau jadi pemahat kalau repot begitu? Lebih enak aki menjadi penulis. Aku akan berguru pada Eyang Stephen King!”
“Bwahaha,” Uda David tertawa ngakak. “Semprul, Stephen King itu murid gue tahu!”
“NGIK!!!”

***

Selamat Ramadhan, kawan semua. Perbanyak tadarus, dan berjuanglah terus mengasah kemampuan menulis. Jaman Nabi dulu para penghulu Islam menghadapi Perang Badar di bulan Ramadhan, kita janganlah keok di depan Microsoft Word. Terus asah kemampuan! #arulight #aruliterature #ramadhaninlove

Advertisements

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

One thought on “Tips Menulis Hebat Paling Ringkas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s