Posted in ehon, sastra

Tips Berkonsultasi Pada Penulis

image

Tiba-tiba aku teringat 2011, ketika Pemburu Rembulan akan terbit.

Ia buku pertamaku, sedangkan aku sama sekali tidak tahu menahu soal menerbitkan buku. Aku bahkan tidak tahu kalau untuk menerbitkan buku harus tekan kontrak segala. Apalagi istilah royalti dan beli putus. Waktu itu aku seperti petualang yang ingin menjelajah Tembok Besar Cina tapi malah bangun tidur di Amazon. What a confusing experience.

Sahabat fb belum sebanyak ini, dan orang yang bisa kutanyai tidak ada sama sekali. Kecuali sahabatku Jalil. Darinya aku dikenalkan pada temannya yang dulu pernah menerbitkan buku. Dan mulailah aku mengirim SMS pada orang asing itu.

Kau tidak bisa bayangkan betapa banyak yang ingin kutanyakan pada orang tersebut sekaligus betapa segan untuk melakukannya. Jalil hanya memberi nomor hp, dan aku sama sekali tidak terpikir untuk menghubungi lewat fb. Padahal kau tahu sendiri, wawancara lewat SMS adalah komunikasi yang sangat melelahkan dan terbatas serta mahal (jaman itu SMS masih mahaaaal). Beban terbesar tentu ada di orang yang kutanyai.

Dan akhirnya, dipatuk oleh rasa sungkan, aku memutuskan cukup untuk bertanya pada orang baik yang sudah kulupakan namanya itu. Dan dengan ketetapan hati, terbitlah Pemburu Rembulan. Sekarang, setelah kuingat-ingat, kekhawatiranku saat itu sepertinya berlebihan.

Saat ini, beberapa kali aku mendapatkan pertanyaan tentang buku dan menerbitkan buku. Dan aku merasakan kegelisahan yang sama dengan milikku 5 tahun lalu. Kenangan selalu menegurku untuk menjawab semua pertanyaan itu; mudahkan urusan orang lain, maka Allah akan mudahkan urusanmu. Namun demikian, sebagai tanda saling pengertian, mari kita berkomunikasi dengan media gratisan. Selain memang gratis, juga bisa menulis panjang dan bisa menyisipkan link situs bersangkutan.

Semoga teman-teman senantiasa semangat. Semoga cita-cita kita menjadi nyata seperti cita-citanya Cita Citata yang sekarang menjadi nyata #aruliterature

(alat komunikasi gratis: inbox fb dan wa)
***
Anda bisa menemui saya di Twitter @arulight

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

Leave a Reply

