• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

Tips Memilih Media Sosial Agar Tidak Merampas Waktu Kita

image

Aku menjadikan Facebook sebagai tempat yang menyenangkan untuk berteman dan buku yang nyaman untuk menulis. Di Facebook kita bisa bergaul dengan orang sebanyak mungkin, saling berkomentar sepanjang mungkin, berbagi foto sebanyak mungkin, membaca status atau tulisan teman dan tertawa selama mungkin. Di Facebook kita bisa melakukan apa saja yang mungkin dilakukan dengannya. Facebook seperti pasar tempat berkumpul semua orang dan di sana ada segala macam toko yang bisa kukunjungi, segala macam iklan yang bisa kusaksikan, dan tempat nongkrong yang penuh hiburan.

Sementara itu, Twitter, bagiku ia adalah tempat menuntut ilmu yang ajaib. Di sana aku mem-follow akun dengan jenis-jenis tertentu. Dari mereka aku belajar banyak hal. Dari mereka aku senantiasa mempersiapkan diri untuk menjadi lebih pintar setiap kali menyimak home Twitter. Dari mereka aku menyerap apa saja yang menurutku harus mengisi kepalaku. Twitter layaknya kampus di mana aku mendatangi kelas tertentu untuk mengembangkan pengetahuan. Bahkan yang sering terjadi justru para dosenlah yang datang menyajikan berbagai informasi dan ilmu pengetahuan ke halaman muka Twitterku.

***

Itulah sebabnya dulu aku tidak banyak menulis di Twitter. Batasan karakter membuatku merasa dipaksa diam saat masih ada banyak hal yang ingin kuutarakan. Baru-baru ini saja aku aktif menulis di Twitter, ketika aku sudah menemukan hastag #arulight (disusul kemudian #aruliterature, #arulaugh, #arulfact, dan sesekali #arulife). Sebelum itu, praktis aku menggunakan Twitter hanya untuk belajar, membaca, dan menyimak.

Itulah sebabnya aku suka merasa tak enak hati saat ada yang mem-follow akun Twitterku. Karena kemungkinan besar aku tidak mem-follow balik mereka. Bukan karena aku tidak mau, tapi karena Twitter tidak kupakai sebagai media bergaul. Jika ingin berteman dan bergaul denganku, tambahkan aku di Facebook. Pasti aku confirm. Dan kita bisa bercanda bersama. Twitter, dia hanya saja bukan untuk keperluan tersebut. Bayangkan saja, jika Twitter yang kupakai sebagai kampus tempat belajar, tiba-tiba penuh gaduh dengan keributan yang beraneka ragam macam pasar, apa yang bisa diharapkan?

Lantas, apakah aku tidak suka jika ada yang follow, memberi favorite, melakukan retweet? Tentu sangat suka. Sangat manusiawi sekali. Apalagi sekarang ada semacam pandangan bahwa seorang penulis harus punya follower ribuan. Aku pun orang yang akan berteriak girang saat bangun tidur mendapatkan notifikasi tambahan satu follower. Hanya saja, aku tetap harus merasa tak enak hati karena aku tidak akan mem-follow balik.

Aku akan berusaha menjadi sahabat yang baik di Facebook, dan tentu saja aku berusaha menjadi murid yang baik di Twitter.

Dan, oh ya , jaga-jaga kalau ada yang ingin tahu mengapa aku sangat serius dalam urusan media sosial, jawabannya ini: aku harus bersikap serius terhadap mereka karena mereka, semua media sosial itu, pun sangat serius merampas jatah hidupku yang saban harinya hanya dijatah 24 jam. Tak pernah lebih. Jika kau kehilangan rambut dan botak, kau bisa beli rambut palsu. Jika tanganmu terlepas karena suatu kecelakaan, kau bisa membeli tangan artifisial. Jika kakimu ditelan anaconda saat sedang bermain di rawa, kau bisa mendapatkan kaki palsu. Tapi jika waktumu yang lenyap dikunyah media sosial, kau sama sekali tidak punya daya untuk mencari gantinya. Yang terburuk sekalipun.

Sebagai penutup, apa pendapatku tentang media sosial yang lain, seperti path, instagram, BBM, dll., mengapa dari tadi hanya membahas Facebook dan Twitter, ini yang bisa kukatakan tentang mereka: aku tidak akan membiarkan kalian merampas jatah hidupku #arulight

Leave a Reply

