Posted in nebula, sastra, Teaching, think

Jangan Sampai Kalimatmu Mengkhianatimu

image

Bandingkan dua pernyataan berikut, setelah itu periksalah status Facebookmu sebulan ini.

1. Kadang suka miris aja, melihat anggota-anggota polisi mbubarin anak2 muda yang suka nongkrong sampai jam 3 pagi. Bawa minuman keras pula.

2. Kadang suka miris melihat anak-anak muda yang nongkrong sampai pukul tiga pagi, membawa minuman keras pula. Untunglah dibubarkan oleh polisi.

Perhatikan baik-baik dua contoh di atas, perhatikan penempatan katanya, perhatikan tanda bacanya, dan coba terka perbedaan maknanya. Bagaimana, kau menemukan hal yang gawat di situ?

Dalam contoh pertama, penulis mengungkapkan kekesalannya pada anggota polisi yang membubarkan anak-anak muda yang sedang nongkrong sampai pukul tiga dini hari. Kekesalan itu bertambah karena para polisi membawa minuman keras. Di sini penjahatnya adalah polisi.

Dalam contoh kedua, penulis mengungkapkan rasa kesalnya pada sekelompok anak muda yang suka begadang sampai pukul tiga pagi sambil minum minuman keras. Untunglah polisi datang membubarkan gerombolan tak tahu diri itu. Di sini polisi menjadi pahlawan.

Berhati-hatilah dengan caramu menuliskan buah pikiranmu. Kau tahu kata-kata tidak mengkhianati maknanya, tapi kecerobohan manusialah yang membuat dirinya dikhianati oleh kalimatnya sendiri.

Selamat menulis status dengan baik dan benar, kawan #aruliterature #arulight

Anda bisa menemukan saya di Twitter @arulight

Advertisements

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s