• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

Hey, Mengedit Buku Itu Berat, Jack!

Mengapa mengedit lebih berat daripada menulis? Ups, maaf, bukan lebih berat, tapi menyiksa. Sampai sekarang aku belum tahu jawabannya dan selalu mengalaminya saat mengerjakan editing. Tenaga yang dikerahkan untuk mengedit berlipat banyaknya dibanding untuk menulis.

Jika aku bisa menulis satu halaman dalam lima belas menit, belum tentu aku bisa mengedit dalam satu halaman dalam tiga puluh menit. Masak sebegitu payahnya? Seriously. Ada saja yang membuat mengedit terasa begitu berat, kosakata mampat, kelopak mata longsor, pikiran sumbat, rahang menguap, bom atom meledak, banjir di Sahara, bulan bisa ngomong, ikan menjadi presiden, segala macam pokoknya! Kau mungkin kesulitan membayangkan susahnya mengedit naskah jika tidak membuktikannya sendiri. But believe me, I’m telling you the truth, honestly.

Aku percaya pada kebenaran pernyataan Hemingway (?), menulislah layaknya orang mabuk dan mengeditlah layaknya orang bijaksana. Nah, kan, untuk menulis ‘orang mabuk’ pun bisa melakukannya, tapi untuk mengedit, kau harus menjadi seorang bijak cendikia. Masalahnya, menjadi mabuk sangat gampang, menjadi bijak cendikia, hey, betapa sulitnya!

Well, karena Ranti sudah rampung, sudah menjadi haknya untuk diedit sebaik mungkin. Dan sebagai bapak yang baik maka pria ini harus nekad menjadi bijak cendikia. Kau akan membutuhkan kejernihan pikiran dan kekuatan membuka kelopak mata. Maka alangkah baiknya jika pagi ini, di tanggal merah mingguan seperti ini, kau memulainya dengan shalat dluha. Jangan khawatir kehabisan waktu karena shalat dluha, itu tidak akan terjadi. Justru shalat dluhamu akan melapangkan harimu.

So, mari beraksi, penulis! #aruliterature #arulight

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: