• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

Have a Dream, It’s Free to Have a Dream (Milikilah Impian, Karena Impian Itu Gratis)

image

Buku ini adalah impian yang menjadi nyata

Aku tidak terima kalau ada muridku yang hidup seperti zombie. Tidak punya cita-cita, tidak bergairah, hidup hanya berputar dalam lingkaran rutinitas dan perlahan-lahan mati bosan. Maka Naruto dalam dirikupun bangkit dan berbicara.

Kukatakan pada mereka bahwa satu-satunya yang gratis dan sangat berharga milik kita adalah impian. Maka peliharalah impianmu apapun keadaannya. Sedangkan impian bisa kita golongkan ke dalam dua macam, impian yang tanpa direncanakan dan impian yang kita rencanakan. Terhadap dua impian itu orang lain tidak berhak memprotes atau mencela.

Impian tak terencana adalah impian yang

kita dapatkan saat tidur. Memangnya ada yang boleh protes karena semalam kita bermimpi terbang naik meja dan di atas meja selalu muncul rujak pecel plus es degan? Tidak ada! Hanya orang tolol yang berani mencela mimpi seseorang. Kedua, mimpi yang direncanakan, yaitu mimpi yang kita buat saat kita sadar. Sama halnya dengan mimpi tidur, mimpi ini pun tidak boleh diganggu gugat. TIDAK BOLEH OLEH MANUSIA MANAPUN. Kau gratis merancang mimpimu dan kau berhak menceritakan impian tersebut tanpa beban.

Memiliki impian adalah salah satu yang membedakan kalian dengan hewan. Belum pernah ada kodok bermimpi menjadi menjadi tupai atau kelelawar, tapi manusia boleh bermimpi terbang ke bulan. Hanya manusia yang memiliki daya untuk membuat dan memelihara impiannya, maka pertahankanlah kemanusiaanmu, itu.

Kemudian, mata para zombie di depanku mulai berbinar. Awalnya redup, lama kelamaan mulai berpendar. Kini saatnya aku membagi impianku kepada mereka. “Saya punya impian anak-anak, suatu hari nanti akan ada dari kalian yang menghubungiku dan berkata, Pak, ini saya lagi umrah bersama suami. Dan tahukah bapak apa yang saya temukan di Riyadh? Saya menemukan buku bapak di rak Best seller!” woaaa, mereka tertawa, tergelak, bersorak, setelah sebelumnya mengucapkan amin serentak (itu artinya semua muridku berencana menikah dan umrah, sip!)

“bukan hanya itu, anak-anak. Aku ingin, nanti, pada suatu tengah malam, masuk ke inbox email saya sebuah surat dari taman nasional Serengiti di Afrika. Kamu menulis, pak, saya sedang meneliti kehidupan gorila. Kejutan apa yang saya temukan? Seorang rekan peneliti dari Tanzania sedang membaca buku bapak dalam setiap kesempatan senggang! Wahaha, hey, tidakkah aku punya impian yang super keren?” kelas pun kembali riuh. Mereka kembali menjadi manusia. Kelas ini kembali menjadi kelas sesungguhnya. “Anak-anak, semua orang pasti mati. Pasti. Bedanya, ada yang mati hanya melihat jalan dari rumahnya sampai pom bensin, ada yang mati setelah melihat jalan dari Mekah ke Madinah. Nah, kalian jangan berhenti bermimpi, jangan mati bosan, jangan terjebak rutinitas”

Di akhir pelajaran, seorang siswa menyerahkan buku pribadinya. Kau tahu, itu buku yang sama dengan yang dimiliki Miss Gruwell (baca buku #keajaibanhidup untuk mengetahui buku macam apa itu). Setelah tiba di kantor, aku buka dan membaca buku pribadi siswa tersebut: Ustadz, itu dia masalah saya. Saya terjebak dalam rutinitas, saya menjadi bosan dan saya tidak punya impian. Tadz, bagaimana cara memunculkan cita-cita? Bagaimana, Tadz?

……….

Syemprul! Hoaaaaa, aku tidak tahu jawabannya! Hoaaaaa. Aku mungkin tahu cara memelihara dan mencapai cita-cita, tapi aku tidak tahu bagaimana cara memunculkan cita-cita! TOLOOOOONG #arulife

Leave a Reply

