Posted in nebula, think

Mengenai Jenius

image

Penulis seperti apakah dirimu?

Ternyata jenius itu ada dua macam (semoga tahun depan naik menjadi empat atau lima). Jenius pertama adalah jenius dalam menghasilkan karya, jenius kedua adalah jenius dalam bekerja keras. Dan penulis pun masuk dalam dua kelompok jenius ini.

Jenius pertama adalah mereka yang menulis buku super tenar dan laris luar biasa. Mereka ada yang menulis banyak buku, ada pula yang hanya menulis beberapa buku atau hanya satu buku. Seperti penulis buku Frankenstein, juga How to Kill a Mockingbird. Mereka hanya menulis satu buku dan itu menjadi karya tak lekang sepanjang zaman.

Jenius kedua adalah mereka yang jenius dalam hal kerja keras. Maksudnya, orang jenis ini tidak pernah berhenti, dia terus berusaha dan berkarya tidak peduli apa yang terjadi. Orang seperti ini sangat bodoh dalam urusan menyerah. Mungkin mereka sama sekali tak paham apa itu arti kata menyerah. Penulis seperti ini menghasilkan banyak karya. Terbit dan terbit.

Apakah ada yang lebih unggul dari kedua jenius tersebut? Aku percaya bahwa tidak ada perbedaan yang besar di antara keduanya. Mengapa? Karena kuantitas yang banyak pada akhirnya pun bisa menyamai kualitas yang baik jika jumlahnya hanya sedikit. Seperti nasihat, hadapilah kualitas dengan kuantitas yang melimpah. Untuk menghadapi satu novel yang hebat, sementara kita tidak bisa membuat novel yang sama hebatnya, maka kita harus menghadapi novel tersebut dengan lima novel karya kita. Dengan demikian kita pun telah menjadi seorang jenius.

Mm… Yah, itu sih yang ingin saya sampaikan. Dan saya yakin Jenengan tergolong seorang jenius dalam bekerja keras. Bandingkan denganku, buku baru dua, itu pun masih jauh kualitas maupun kuantitasnya dari kerja Jenengan.

Eh, hampir lupa, maaf kalau ini terdengar menggurui. Sebenarnya ini bukan hasil pikiran saya, hahaha, kayanya mustahil saya belum saya berpikir sebijaksana ini. Yang saya sampaikan ini adalah nasihat dari dua orang jenius kebanggaan saya, Nara Shikamaru dan Rock Lee

Twitter @arulight

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

Leave a Reply

