Posted in ehon, sastra, think

Dua hal terpenting bagi penulis yang sulit terbit bukunya

image

Dua hal untuk kau pahami sebagai penulis ketika kau merasa heran mengapa karyamu mandek sementara karya orang lain berlomba masuk toko buku.

1. Apakah tulisanmu sudah sebagus tulisan mereka yang langganan terbit? Ini soal kualitas, dude. Jika tulisanmu lebih buruk dari hasil para penulis produktif tersebut, well, tidak heran bukumu kesulitan diterima penerbit.

Tapi jangan khawatir, ini belum kiamat bagi karirmu. Tulisan yang buruk bisa diubah dengan terus belajar dan ‘menjiplak’ mereka yang kau tahu lebih hebat darimu. Tulisan yang buruk bukan takdir, bukan kutukan, bukan gen, dia hanyalah suatu hasil logis dari sikap malas belajar dan memperbaiki diri.

2. Jika tulisanmu ternyata sudah
baik, sama kualitasnya dengan mereka yang rajin terbit, maka kesalahanmu adalah: kau kurang bekerja keras.

Aku belum pernah membaca Dee dan mungkin aku kurang menyukai tulisan beliau, tapi jujur aku MENGAGUMI kerja kerasnya. Untuk melahirkan Supernova – Petir, Dee rutin bangun pukul 3 dini hari untuk menulis. Itulah kerja keras! Itulah penulis yang tidak butuh banyak alasan untuk bermalas-malasan.

Sama seperti tulisan buruk, kurang  kerja keras pun bukan penyakit turunan seperti diabetes, dia juga bukan penyakit menular seperti ebola, dia juga bukan nasib yang tak bisa dirubah. Kurangnya kerja keras dalam diri penulis disebabkan karena dia memang tidak mau bekerja keras. Ya, cukup, itu saja.

Jika faktanya tulisanmu memang bagus, kau juga orang yang bekerja keras dengan hal itu, well, Allah tidak pernah menyia-nyiakan usaha hamba-Nya. Allah tidak pernah tidur, Dia mengawasi siapa dari setiap hamba yang sudah siap untuk memetik usahanya. #arulight #selfreminder

Advertisements

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s