Posted in ehon, novel terbaru, sastra

Catatan untuk Terbitnya Buku Kedua: “Berbagai Keajaiban Dalam Hidup”

Buku kedua: Berbagai Keajaiban dalam Hidup
Buku kedua: Berbagai Keajaiban dalam Hidup
SATU
Tulisan ini untuk mengabarkan pada kawan semua bahwa saya sekali lagi menjadi pria yang melahirkan. Ya, saya baru saja ‘melahirkan’ di rumah bersalin Quanta Elexmedia, bidan yang membantu adalah Mbak Linda Razad. Sang bayi bernama “Berbagai Keajaiban Dalam Hidup.” Bayi ini lahir dengan tujuan untuk diperjual belikan. Anda bisa menemukannya di Gramedia, Togamas, atau toko buku lainnya di tempat Anda.

Namun, jika karena satu atau lain sebab Anda tidak bisa mendapatkannya di tempat Anda, kawan bisa memesan “Berbagai Keajaiban Dalam Hidup” langsung kepada saya. Dan jika Anda mengizinkan saya akan membuka palstiknya untuk membubuhi tanda tangan dan beberapa coretan kata. Percayalah, saya tidak akan menyelipkan bulu ayam atau bunga cempaka di dalam buku pesanan Anda. Atau, jika Anda merasa sungkan memesan pada penulisnya, kawan bisa memesan pada siapapun di dunia ini untuk datang ke toko buku manapun di negara kita ini guna membelikan “Berbagai Keajaiban Dalam Hidup.” Tapi saya juga harus meminta maaf karena, sejauh pengetahuan saya, buku ini belum tersedia di Zimbabwe atau Guatemala. Jadi bersabarlah wahai Anda yang ada di sana.

DUA
Saya meniatkan buku ini sebagai sebuah karya non fiksi, tapi pada akhirnya saya tidak bisa melepaskan diri dari dorongan untuk menulis beberapa cerita. Tapi bukan cerita itu sendiri yang menjadi tujuan utamanya, melainkan pesan yang ingin saya sampaikan melaluinya. Jadi, bagaimana kalau kita membuat kesepakatan, bahwa

buku ini adalah sebuah buku non fiksi yang secara sengaja menyertakan fiksi di dalamnya; pada sebagian kecil isinya. Untuk kesepakatan tersebut, saya ingin berterima kasih kepada Anda, terimakasih yang sangat banyak. Saya sadar ini urusan yang besar, jadi saya sangat berterimakasih untuk pengertian Anda. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya bagi kita semua.
***
Dalam menyusun buku ini, ada banyak hal menakjubkan yang saya temukan, sebagian di jalanan—yang tampaknya walau orang lain pun melihatnya tapi tak bisa ‘menemukannya’—sebagian dari tempat-tempat yang mengandung hak cipta. Untuk itu saya akan menjelaskan beberapa hal.

Hari Ketika Aku Memarahi Tuhan dan Dia ‘Bicara’ Padaku adalah kisah yang saya kembangkan dari lagu Forgive Me When I Whine yang dilantunkan oleh Zain Bhikha. Jika Anda mengenal nasyid tersebut, Anda akan mengerti maksud saya.

Pada suatu hari, saya menonton salah satu episode Naruto yang sangat inspiratif, team Guy menghadapi sekelompok ninja jahat yang bisa membuat clone dalam waktu sangat singkat. Tekad para ninja Konoha tersebut lahir menjadi tulisan berjudul Stronger Than The You of Yesterday—ini adalah kalimat yang diucapkan Lee untuk menyemangati kawan-kawannya yang hampir putus asa melawan ‘dirinya’ sendiri.

Sedangkan Jaringan Kesuksesan terinspirasi oleh salah satu episode Kick Andy.

Suatu hari, seorang mahasiswa menceritakan beratnya perkuliahan yang sedang dia jalani. Dia berkali-kali gagal mendapatkan nilai yang dia harapkan. Namun mengagumkan, dari kegagalan-kegagalan itu dia justeru menemukan sebuah pencerahan. Hikmah tersebut saya bagi dalam tulisan berjudul Rumus Absolut Kesuksesan. Atas izinnya juga saya menyertakan rumus sukses yang dia ramu dalam cerpennya. Dan jika Anda berniat untuk membaca cerpen tersebut, saya mohon maaf sebesar-besarnya, sampai hari catatan ini saya tulis, sepertinya dia belum memposting cerpen hebat tersebut. Mungkin dia sedang selalu sibuk mempersiapkan diri untuk ujian berikutnya

TIGA
Ketika buku pertama saya terbit, Pemburu Rembulan, saya tidak pernah memiliki kesempatan melihat wajahnya tersenyum di rak buku. Ketika suatu waktu saya berkesempatan datang ke Gramedia, penjaganya bilang eksemplar terakhir sudah terjual sebulan yang lalu. Well, saya yakin terlambat satu bulan adalah terlambat yang terlalu keterlaluan bagi seorang ‘ayah’ yang baru saja melahirkan anak pertamanya. Dan saya sangat berterimakasih kepada teman-teman yang telah dengan baik hati dan suka rela memfotokan novel tersebut dari berbagai toko buku di tanah air—sebagian foto bahkan tidak diambil di toko buku, tapi di sebuah tempat istirahat tepi jalan, juga di atas piring di meja meja makan saat bersiap untuk santap sahur. Bisa kukatakan saat sahur karena waktu itu bulan puasa dan cowok yang ada di dalam foto tersebut sedang membawa sendok dan garpu.

Aku tidak ingin melewatkan kesempatan ini untuk kedua kalinya. Aku ingin melihat putriku (aku yakin bukuku itu perempuan karena ada bunga yang manis di sampulnya) menyapaku di rak buku toko buku manapun. Aku ingin dia bertemu dengan penulisnya yang semakin lama kacamatanya semakin tebal. Aku ingin berfoto bersama putriku itu dengan background taruan buku lainnya di toko buku tersebut. Aku ingin menyentuhnya dan dengan agak malu-malu berkata pada si Mbak Penjaga Toko, “Ehm, aku yang menulis buku ini lho, bisakah sampean percaya hal itu?” kemungkinan besar Si Mbak akan tertawa heran melihatku.

EMPAT
“Berbagai Keajaiban dalam Hidup” berisi 40 catatan yang berkisah tentang peristiwa kehidupan, potret pendidikan, catatan untuk kontemplasi, tempat-tempat berkesan, dan catatan penyemangat. Kisah-kisah tersebut ada yang menggugah sehingga membuat pembaca terlecut semangat, ada yang demikian menyentuh hingga membuat menangis terharu. Ada pula kisah konyol dan absurd yang membuat kita terpingkal dan tergoda untuk menertawakan diri sendiri.

Buku ini demikian gemuruh dengan warna-warna kisah yang dikandungnya. Semuanya memberikan semangat, keberanian, perenungan, kesadaran juga keharusan yang manis. Pembaca akan menemukan bahwa keajaiban bisa ditemukan di mana saja untuk dikagumi dan dimengerti.
***
Terakhir, dan ini saya niatkan sebagai rahasia di antara kita saja, mungkin ada baiknya Anda menyiapkan tissue sebelum mulai membaca buku ini. Tapi Anda sama sekali tidak perlu menyiapkan obat sakit kepala karena buku ini tidak diniatkan untuk menyakiti Anda.

Saya bersungguh-sungguh.

Dengan segala hormat dan penghargaan,

Arul Chandrana

GALERI FOTO (Saya akan menambahkan foto kiriman sahabat sekalian)

gramedia expo, surabaya
gramedia expo, surabaya
togamas semarang
togamas semarang
togamas diponegoro, surabaya
togamas diponegoro, surabaya
gramedia semarang
gramedia semarang
gramedia jakarta
gramedia jakarta
gramedia bogor
gramedia bogor
Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

One thought on “Catatan untuk Terbitnya Buku Kedua: “Berbagai Keajaiban Dalam Hidup”

Leave a Reply

