• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

Perjalanan dan Makna yang Dilahirkan

Berapa banyak yang mendapatkan jawaban atas pertanyaan hidupnya dari sebuah perjalanan? Perlintasan jarak yang menebah waktu dan pengalamaan. Jalanan selalu menjadi peta yaang membimbing jutaan manusia pada penemuan-penemuan diri yang jelas namun tak terduga. Sebuah tindakan berani dalam mengambil keputusan yang mungkin tak kan pernah terpikirkan dari balik tembok rumah. Sebuah ketetapan untuk melawan yang tak mungkin pernah didapatkan dengan duduk tunduk di balik meja kerja. Sebuah rencana penunjukan diri dengan gagah berani yang tak mungkin terjadi dengan menekuri buku-buku di balik rak perpustakaan. Tapi jalanan tetap saja hanya sebuah entitas materi hampa jika tak ada kegelisahan yang melaju di permukaannya. Karena, kegelisahanlah sebenarnya kekuatan yang paling tak sabar untuk menemukan pencerahan yang paling gila sekalipun.

Maka kita tentunya membutuhkan sebuah perjalanan. Atau lebih. Demi sebuah
kehidupan tunggal. Kehidupan yang akan berdampak bagi orang sekitar. Satu larik nyawa yang akan dikenang jutaan nyawa lainnya. Sebuah penemuan maha berani dari sebuah pemikiran yang bergerak cepat. Perjalanan selalu kita butuhkan. Dekat maupun jauh. Cepat maupun lambat. Itulah yang akan membentuk demikian banyak dari kita.

Dalam perjalanan, ketakutan yang mendekam dalam benak dan jantung kita akan dibaku hantam dengan keterpaksaan yang tak bisa diabaikan. Kita menjadi penentang yaang tak punya pilihan dan dengan terpaksa akan memutuskan untuk menjadi sekeeras mungkin demi menjaga hak diri. Kau tiba-tiba akan menjadi seorang pemberani! Sangat menarik. Namun demikian, sebagian dari kita juga akan menjadi yang sebaliknya. Dalam perjalanan, ketakutan akan semakkin memuncak dan menjerat kaki. Membuat orang bertekuk lutut dan tak lagi sanggup berdiri atau berpikir atau memutuskan. Keberuntunganlah yang akan membantunya mengatasi keadaan. Selama keberuntungan itu masih setia paadanya. Masalahnya, keberuntungan lebih suka untuk berkhianat.

Perjalanan akan memmbantumu ‘hidup’ beberapakali. Membantumu melihat lebih jauh. Membantumu tahu lebih banyak. Membantumu berpikir lebih luas. Membantumu terkejut dalam cara yang lebih cerdas. Inti kenikmatan yang tak kau temukan dari duduk dan mengamati. Di sinilah pengamatan menemukan perbedaannya yang paling mendasar. Mengamati dengan diam sangat berbeda dengan mengamati dalam kecepatan. Penemuan dari perenungan yang stagnan jauh bebrbeda kualitasnya dari perenungan dalam percepatan gerak yang membuat materi bergerak berlawanan arah. Penemuan yang kau reguk setimpal dengan bahaya yang kau lewati. Semua itu adalah keistimewaan jalanan, perjalanan, dan kecepatan.

Tidak semua hal meliliki perbandingan yang setimpal. Perjalanan, dalam pada itu, adalah salah satu yang adil. Lakukanlah perjalanan, dengan ketakutan dan kengerian yang kau simpan, atau dengan keberanian dan keteguhan yang kau tanam. Lakukanlah perjalanan dengan terpaksa dan amarah. Atau dengan lapang dada dan bahagia. Semuanya setimpal dengan yang akan kau dapatkan.

***

Berikut adalah versi unedited dari artikel di atas:

Berapa banyak yang mendapaatkan jawabaan atas pertanyaan hidupnya dari perjaaanaan? Perlintasan jaarakk yaang menebah waktu dan pengalamaan. Jalan selaallu menjadi peta yaang membimbing jutaan manusia pada peneemuan-penemuan diri ya g jelas tak terduga. Keputusan yang mungkin tak kan pernah terpikirkan dari balik tbok rumah. Tapi jalanan tetap saja hanya sebuah entitas maateri hampa tanpa kegelisahan yang melaju di puncaknya. Karena kegelisahaanlah kakuatan yang paling tak sabar untuk menemukan pencerahan ya.g paling gila sekalipun.
Maka kita tentunya membutuhkan sebuah perjalanan. Atau lebih. Dekat maupun jauh. Itulah yaa g akan membentuk demikian banyak dari kita.
Dalam perjalaanaan, ketakutan kita akan dibaku hantam dengann keterpaksaan yang tak bisa diabaikan. Kita menjadi eneentang yaang tam punya pilihan dan memutuskan untk menjadi sekeeras munin demi menjaga hak diri. Sangat menarik. Namun demikian, sebagian dari kita juga akan menghadapi yang sebaliknya. Dalam perjalanan ketakutan alan semakkin memuncak dan menjerat kaki. Membuat oranf bertwkuk lut dan tak laagi sanggup berpikir atau memutuskan. Keberuntunganlah yang akan memmbantunya mengatasi keadaan. Selama keberuntungan itu masih setia paadanya. Walaau kadang keberuntungan suka berkhianat.
Perjalanan akan memmbantumu hdup. Membantumu melihat lebih jauh. Membantumu tahu lebih bannyak. Mmmhantumu berpikir lebih luas. Membantumu terkejut dalam cara yang lebih cerdas. Ink kenikmatan yang tak kau temukan dari duduk dan meenngamati. Di sinilah pengatan menemukan perbedaannya yang pallingendasar. Mengamaati dengan diam sangat eerbeda dengan menngamaati dalam kecepatan. Penemuan yang kau reguk setimpall dengan bahaya yang kau lewati. Jalanaan, perjanaan, dan kecepatan.
Tidak semua hal mekiliki perbandingan yaang setimpal. Perjalanaan, adaaah salaah satu yang adil dalam hal ini. Lakukanaah, dengan katakutan dan ke gerian yang kau simpan. Lakukanlah perjalanan dengan terpaksa dan amarah. Semuanya setimpall dengan yaang kau dapaatkan.

Arul Chandrana

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: