• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

Walter Mitty Pun Menyimpan Hidup Rahasianya.

mittyAku lupa tahun berapa tepatnya, tapi angka 2007 terdengar mendekati kebenaran. Ya, anggap saja pada tahun 2007 untuk pertama kalinya aku mendengar nama orang itu: Tri Budi Sastrio, dan dari organ bicara beliau aku untuk pertama kalinya mendengar nama: James Thurber, dan dari organ penggenggam orang itu aku untuk pertama kalinya membaca nama: Walter Mitty, dan dari nama tokoh itu aku untuk pertama kalinya membaca: cerpen yang katanya keren padahal membingungkan dan banyak salahnya. Ini cerpen bodoh apaan, kataku sok tahu, kok setting ceritanya berpindah-pindah tak masuk akal. Karakter tokohnya tidak jelas dan endingnya membingungkan. Aku tertawa. Besoknya, aku terpesona.

Pak Tri menjelaskan jika the Secret Life of Walter Mitty adalah cerpen memukau karya jurnalis cerdas dari Amerika, James Thurber. Walter Mitty mengisahkan kehidupan seorang pria tak berdaya yang selalu melarikan diri ke dunia khayali setiap kali masalah hidup menenkannya. Dalam cerpennya, Walter Mitty digambarkan sebagai suami yang tergencet penyet di bawah kediktatoran sang isteri.

Aku membaca Walter Mitty sekali lagi. Dan dengan pemahaman yang sudah terbuka, aku pun mengakui betapa mempesonanya Walter Mitty. Transisi antara dunia nyata dan khayal berhasil dibangun dengan lembut, memikat sekaligus memperdaya para pembaca. Aku penasaran bagaimana caranya orang memfilmkan cerpen rumit seperti ini. Maka ketika aku tengah melacak lagu-lagu Of Monster And Men, dan tanpa sengaja menemukan Dirty Paws yang menjadi soundtrack film Walter Mitty, aku langsung menunggu release film tersebut.

Ben stiller, komedian yang sukses dengan film-film segarnya—termasuk dua seri memikat Night At The Museum—memerankan tokoh Walter Mitty. Actor yang sempurna, gumamku. Dan ketika kemudian mendapati bahwa Stiller juga menyutradarainya, aku pun semakin penasaran bagaimana dia menggarap film tersebut.

Kebanyakan film berdasarkan karya sastra yang pernah kutonton tidak pernah sebaik karya sastranya, apa lagi menjadi lebih baik. Hanya sedikit yang bisa mencapai prestasi setara dengan versi literaturnya. Namun, Stiller menunjukkan kepiawaian maestro dalam membesut Walter Mitty. Stiller memang tidak mengadopsi adegan apapun dari cerpen ke dalam filmnya, satu-satunya yang dia ambil adalah nama tokoh utama dan gejala melamun akut yang dia derita, tapi semua adegan buatannya terbukti memukau dan menyenangkan setiap mata yang menikmati.

Lebih penting lagi, dengan menjadikan Mitty sebagai staff dari majalah LIFE yang akan pindah on line, kemudian mendapatkan musibah kehilangan gambar untuk cover edisi printing terakhirnya, Stiller berhasil menyuntikkan semangat yang tidak kutemukan dari versi cerpennya. Film The Secret Life Of Walter Mitty mengajarkan kita bahwa hidup sejati adalah….

Silakan temukan jawabannya dengan menonton filmnya langsung. Anda bisa download gratis di sini: http://carifilem.com/the-secret-live-of-walter-mitty-dvd-scr/

Leave a Reply

