Posted in think

Kebijaksanaan Lama

Mendung tak hilang dari langit Paciran semenjak tadi siang. Dan itu seakan menyampaikan sebuah peringatan. Sebuah alarm cuma-cuma. Hanya saja tak semudah itu untuk menerjemahnya. Aku terlalu picik, tak memiliki kebijaksanaan walau secuil. Dan itu membawaku pada kebodohan yang tabu.

Orang-orang tua dari dunia lama akan diam beberapa jenak di tempat duduknya begitu menangkap munculnya awan hitam di kaki langit di kejauhan. Mereka akan duduk menyila dan menakar kemungkinan. Dan hembusan angin kemudian adalah sinyal yang menarik untuk dipecahkan. Kemudian, begitulah, gerakan awan yg mendekat mengungkap seluruh jawaban. Mereka akan sudah tahu. Mafhum. Tentang apakah hujan akan datang atau langit justeru akan cerah sebelum tengah malam.

Tapi aku tak punya kebijaksanaan itu. Tiap kenampakan awan hitam selalu mencemaskan, derum angin menakutkan, dan pergerakan awan seakan sudah hujan yang datang. Aku demikian bodoh. Demikian terbuka untuk diperdaya. Tanpa pengawalan untuk dipermainkan. Aku tak bisa membaca apa-apa.

Acap kali aku termenung larut dalam sebuah perenungan akan ketakjuban: bagaimana orang-orang tua itu menyibak tabir misteri? Celah macam apa itu yang bisa mereka tangkap sedang aku selalu melewatkannya, isyarat apa yang demikian sulit? Aku tak tahu bagaimana menjawabnya. Dan itu hanya membuatku lebih jauh berenang dalam samudera kekaguman. Orang-orang lama. Kebijaksanaan misteri. Pengetahuan dari pengamatan. Kepahaman dari kesabaran. Dan, sebuah kesedihan, tentu saja, karena akhirnya, semua itu menjadi keagungan yang tak terwariskan. Hilang.

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

Leave a Reply

