Posted in ehon

Yang Belari Pun Berhenti

Aku ingat, waktu kecil dulu, ketika naik mobil dan mengamati semua yang di pinggir jalan, mereka tampak berlari dan berkejaran. Aku terpesona oleh ilusi tersebut tapi tidak mengatakannya pada siapa-siapa sampai lama. Dan itu membuatku sangat menyukai bepergian. Ketika dewasa, kini, aku menyadari sesuatu yang aneh sedang terjadi. Ini tak kusadari sebelumnya karena percaya segalanya baik-baik saja.

Aku akan mengambil tempat di dekat jendela. Membukanya separuh. Dan menatap keluar dalam kediaman yang hening. Naik bus atau angkot menjadi sangat spesial jika mendapat tempat di samping jendela. Menikmati sopir yang menancap gas, menggila, menghentak mesin tuanya menjerit-jerit, melaju dalam kecepatan yang membuat angin mendesing. Maka seketika itulah, aku menyadarinya. Aku begitu saja menyadari jika pohonan di tepi jalan tak lagi tampak berlari seperti waktu aku kecil. Tiang listrik tak lagi melompat menyaingi kecepatan mobil. Dan rumah-rumah hanya diam tak peduli tanpa niat beringsut walau se inci. Aku pun heran, dan ingin mengerti apa yg tejadi. Menemukan jawaban mengapa segalanya tak lagi berlari. Apa ini hanya awal dr apa yg bersiap datang ke mari?

Sampai sekarang aku belum menemukan jawaban.

Tapi kegemaranku akan perjalanan, akan kecepatan, akan tiupan angin lewat jendela, akan pemandangan yg berpindah tiap detik tdk pernah lekang atau berkurang. Sedangkan keheranan dan kehilanganku akan gambaran pohon-pohon berlari, perlahan terganti. Kini, dalam tiap perjalanan, aku merasakan kesedihan yang terdiam dan memejam.

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

One thought on “Yang Belari Pun Berhenti

Leave a Reply

