• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

PEMBURU REMBULAN: NOVEL MOTIVASI BERSETTING DI PULAU BAWEAN MASUK NOMINASI ANUGERAH PEMBACA INDONESIA (DISELENGGARAKAN GOODREADS INDONESIA)

seorang pembaca pemburu rembulan di toko buku kota surabaya

Apa aku pernah membayangkannya? Oh, sejujurnya, belum! Tidak pernah! Bahkan goodreads saja aku terbilang baru tahu dan menjadi anggotanya baru-baru ini juga. Tapi, demi mengetahui pemburu rembulan masuk dalam nominasi penganugerahan buku yang mereka selenggarakan, aku sungguh meledak dalam euphoria yang mengglegar. Luar biasa kawan! Asal tahu saja, setelah saya cari tahu, goodreads itu ternyata jejaring social yang mewadahi para penikmat buku dengan level internasional—semacam facebook tapi buat para kutu buku. Nah, tentu menjadi nominasi orang-orang yang doyan baca sangat berbeda rasanya dengan menjadi nominasi asal SMS dapat dukungan (untuk info lebih lengkap mengenai list nominasi tersebut, silahkan klik di sini)

Yang paling menarik dari semua ini sebenarnya adalah pada gelombang yang akan dibawa pemburu rembulan—jika dia memang di entah kategori apapun juga. Pemburu rembulan tidak hanya mewakili diriku sebagai penulisnya atau Gradien sebagai penerbitnya, tapi dia juga mewakili Bawean, pulau tempat ia mengambil cerita, pulau tempat orang-orangnya berada. Dan seperti apakah bawean akan merespon lompatan salah satu anaknya itu? Apakah hanya ber ‘oh, selamat ya’ atau akan berteriak girang, ‘gila! Kau melakukannya! Aku akan mendampingimu terus maju!’ aku tidak bisa memprediksi.

Memang aku berharap besar, seperti aku biasanya. Berharap novel ini bisa memberi lecutan yang sama seperti Laskar Pelangi pada Belitung. Pemburu rembulan membuat semua orang menoleh pada bawean, membuat mereka ingin tahu lebih banyak, membuat mereka menyadari ada keindahan dan teriakan meminta pertolongan, membuat orang-orang ingin datang dan turut memberi perbaikan. Membayangkan semua itu terjadi sungguh sangat menyenangkan. Dan dibutuhkan banyak sarana agar itu terwujud. Agar novel tersebut beredar luas dan dikenal banyak orang. Dan salah satu sarana yang ampuh untuk itu adalah memenangi sebuah kejuaraan atau semacamnya. Kali ini kesempatan itu datang dari goodreads Indonesia.

Pemburu rembulan, bersaing dengan A. Fuadi (Ranah Tiga Warna), Andrea Hirata (Sebelas Patriot), Dee (Madre), Tasaro GK (Muhammad), dan banyak lagi penulis dan buku lainnya membuatnya tampak sangat kecil dan ingusan, hahahaha, tapi itu pula yang membuatku tersenyum senang, sangat senang, seperti orang bawean menjemput anaknya pulang dari perantauan, dan aku tak henti berbisik pada sampulnya yang damai, sobat kecil, kau pemberani yang tak kenal ampun!

5 Responses

  1. subhanallah pemirsa (*baca: ala syaiful jamil).
    inikah novel yang masuk nominasi penganugerahan novel nasional oleh Forum Pembaca Indonesia!
    1 hal yang bisa saya dapatkan dari NOVEL pemilik nama lengkap arul chandrana. NOVEL ini “Be Different and Be the Best One”. karena penulis menuliskan cerita yang berasal pengembangan karakter pada diri penulis, kalau boleh saya bilang.
    doaku SEMOGA LOLOS!

  2. asma, sayang sekali, novel ini tida berhasil lolos. hehehe. kalh saing dg yg lebih dulu mencat. tapi untuk pemula, ini sudah sangt hebat. ayo semangt.

  3. what everlah,,,yang penting pernah mencoba… semua itu adalah kuasa Nya. jangan berhenti berdoa

  4. All The best bro, langkah ke seribu tidak akan sampai tanpa ada langkah pertama. ada novel versi ebooknya ngak yaa? klu ada ebooknya mungkin saya lebih mudah udah membelinya. BTW, anda wajahnya saya perhatikan persis dengan kawanku dari kampung dulu rizal…dia dari jompong juga

  5. mas munif, makasih untuk kunjungannya. juga untuk suportnya. tentang Pemburu Rembulan, dia belum ada versi ebooknya.
    eh, jenengan dari jomong tha? saya memang adiknya Cak Rizal yang dulu sekolah di SMAN Paciran. wah, kqalau iya, ini kebetulan sekali mas. mau titip salam? hehehehehe

Leave a Reply

