• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

EFEK POSTER SMA

SEBERAPA sering kau berhenti di tepi jalan untuk mengamati poster SMA? Jika kau memang melakukan itu, atau kalaupun tidak sesering itu, aku ingin tahu, bagaimana perasaanmu? Aku, cemburu.

Aku merasa kehilangan, merasa tertinggal, dirampas dan tak kebagian. Poster-poster itu benar-benar dirancang dengan kecenderungan untuk membuat orang iri. Sebuah iklan diam yang selalu berteriak dengan lantang memanggil para pejalan.

Di situ dipasang semua gambar menggiurkan, gedung sekolah yang megah, fasilitas lab yang lengkap, halaman yang luas, sarana olah raga serba ada, bahkan, para siswa yang berjejer memegang trofi penghargaan pun tidak sembarangan: semua cantik rupawan–dan baru-baru ini aku menyadari satu fakta sederhana, ternyata para sekolah lebih suka memilih siswi rupawan dari pada siswa tampan sebagai ‘pajangan’, dan itu berhasil!

Yang membuatku merasa cemburu adalah, bukan karena siswa-siswinya, tapi betapa banyak kesempatan terbentang di muka mereka, para pelajar yang masih panas dan penuh api percobaan itu. Oh, betapa inginnya, andai aku bisa SMA lagi, akan ada sangat banyak yang hendak kulakukan. Sangat banyak. Aku bisa bereksperimen apapun. Aku juga tak perlu khawatir, setidaknya aku punya guru-guru untuk membimbing dan membelaku. Wow, sungguh aku telah terlewat salah satu periode emasku.

Aku kadang berkhayal, andai SMA ku dulu penuh dengan semangat eksperimen dan kreatifitas, kompetisi sekaligus kolaborasi, motivasi sekaligus konseling, tak peduli setaklengkap apapun sekolahku itu, aku tak akan lagi merasa iri tiap kali melihat poster SMA di pinggir jalan.

Aku juga takkan menulis posting ini.

Leave a Reply

