• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

PUSKESMAS KELILING ITU BERLARI AMAT KENCANG SEHINGGA SI NENEK SAKIT TAK BISA MEMANGGILNYA

KAU tahu PUSKESMAS Keliling, Sobat? Sebuah mobil jenis ambulance lengkap dengan sirine dengan warna dominan merah dan putih. Nah, aku tak tahu apa saja daftar tugas PUSKESMAS beroda itu, yang aku tahu, dia berlari amat-amat-amat sangat kencang.

Sebagai orang yang awam tulen perihal perpuskesmasan, aku, setidaknya yakin jika mobil itu dipesan dari pabrik untuk suatu niat luhur: mencari-menemukan-menolong para orang sakit yang keleleran di rumahnya karena tak ada cukup uang buat ke rumah sakit. Aku yakin anda pun setuju dengan firasat ini. Sebuah PUSKESMAS terhebat bukan? Tapi disitulah kemudian lahir persoalan, PUSKESMAS itu yang mestinya mblusuk ke kampung-kampung, dia cuma melaju di jalan utama. Apa yang dia harapkan ketemu di jalan? Kecelakaan di sepanjang rute perjalanannya? Oh…

Atau, para beliau itu berasumsi raungan sirinenya sudah ckup sebagai tanda panggilan? Sehingga para miskin yang lagi sakit itu bisa bersiap di pinggir jalan? Tuhan, bahkan sirine mereka tak ada bedanya dengan sirine polisi, pemadam kebakaran dan mobil ambulance!

Aku khawatir mobil yang dibayar dengan uang negara itu pun nasibnya sama ‘tak bergunanya’ dengan pengeluaran negara lainnya.

Orang miskim yang sakit itu masih harus bersusah payah. PUSKESMAS Keliling tidak akan parkir di gang rumahnya, itu pasti, dia juga harus stress menentukan sirine apa yang sedang berbunyi, dia pun harus mati-matian mengejar PUSKESMAS yang melintas. Semua itu tidah menghasilkan apa-apa selain kesusahan dan kesia-siaan. Maka saya usul, bagaimana kalau pemerintah membangun halte khusus buat PUSKESMAS Keliling berhenti di mana d sana berjejer orang-orang sakit sebelum putus asa.

Kau setuju, teman?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: