Posted in think

MEGALITIKUM

DI SELATAN gedung SMP, ada bukit kecil yang berpuncak agak datar dan terlantar. Yang tumbuh di sana hanya rumput lapangan dan perdu liar berduri. Tak ada tumbuhan buah kecuali pohon entah apa namanya yang buahnya bundar kecil, kuning tua kecoklatan dan rasanya manis-kecut-sepat. Bukit kecil itu adalah puncak dari miniatur stepa liar di dataran yang salah. Namun demikian, ketakterjamahan itu bukan berarti manusia tidak pernah kesana, bahkan manusia ‘BERTANAM’ di sana. Di beberapa tempat, ditemukan beberapa kuburan kuno dengan nisan batu hitam raksasa. Salah satunya, ada yang berangka tahun 1927.

Aku terpesona semenjak pertama kali menemukan pusara-pusara kuno itu. Rerumputan liar yang merambat dan merimbun tak dapat menghilangkan aura kemegahan yang disemburkannya. Dan yang paling mengagumkan dari semua itu: semua nisan-nisan itu sama persis dengan yang ada di desaku Kumalasa, Bawean.

Bahkan bukan cuma itu, kuburan itu juga punya konsep yang sama. Dia berada di puncak bukit. Letak geografis tertinggi dari seluruh desa. Kita semua tahu, orang jaman dulu punya keyakinan jika semakin tinggi posisi kuburan, semakin dekat ia ke surga.
**
Aku membayangkan bagaimana peristiwa besar berlangsung beberapa kali di bukit dan sepanjang jalannya setiap kali ada kematian. Pada jaman itu pula, kebesaran seseorang juga dinilai dari kemegah-semarakan prosesi kematiannya. Semua kuburan di bukit it–termasuk pula yang di Bawean–adalah kuburannya orang-orang besar dan berpengaruh di jamannya. Mereka adalah para pengukir sejarah dan penentu kebijakan. Tapi sekarang, semuanya berubah dan tak ada yang bisa dikenang.

Orang sudah lupa siapa mereka semua.

Advertisements

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s