• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

PEMBURU REMBULAN, Novel Perdanaku

Sungguh luar biasa, setelah sebelas tahun lebih berusaha, berjuang tak berhenti, menulis dan menulis, mengajukan naskah dan mengajukan, akhirnya sampai juga pada tangga pertama, novelku terbit!!! Luar biasa, aku merinding tiap kali melihat cover novel itu. Novel perdana yang awalnya berjudul Pelangi dan Rembulan, akhirnya terbit dengan judul PEMBURU REMBULAN. Ia adalah sebuah novel pendidikan yang bersetting di Bawean. Berikut sinopsisnya:

Pahlawan yang hebat adalah mereka yang terus berjuang
walaupun tak punya kekuatan hebat.

Dua sahabat. Dua cita-cita. Dua tantangan. Sebuah pulau kecil nan eksotis. Arul yang pengajar bertekad untuk memberikan pendidikan yang menyenangkan pada setiap anak; Amar yang pernah bercita-cita mendaki gunung, akhirnya menjadi pebisnis-petualang. Dan, akhirnya mereka mendapatkan semua tantangan itu di sini, di Pulau Bawean—sebuah pulau kecil terpencil di tengah Laut Jawa.

Di pulau itu, Arul bukan hanya mendapatkan saat-saat yang paling menyenangkan bersama 13 murid TPA yang menggemaskan, melainkan pula harus menghadapi sang pengajar yang keras dan menentang setiap pembaruan yang ditawarkannya. Amar harus menghadapi alam liar hutan Bawean. Walaupun demikian, mereka bukanlah tokoh super yang serba bisa—bahkan mereka sangat takut pada hantu! Tapi mereka punya satu keyakinan: pahlawan yang hebat adalah mereka yang terus berjuang walaupun tak punya kekuatan hebat.

Kaya akan nilai edukasi, budaya, dan motivasi, diramu dengan humor, petualangan, dan romansa, Pemburu Rembulan adalah novel motivasi terinspirasi kisah nyata yang akan menggetarkan hati dan pikiran—juga kesadaran Anda.

Penerbit Gradien yang menerbitkan buku ini, sungguh sangat menyenagkan dan membuatku merasa termotivasi. Kau tahu, awalnya aku merasa agak minder. Katanya, penerbit suka “semena-mena” pada penulis pemula. Hahahaha, aku Cuma khawatir ide orisinilku akan hilang hanya untuk mengejar minat pasar. Tapi, ternyata luar biasa! Gradien sama sekali tidak bertindak seperti itu. Bahkan, aku merasa sangat tersanjung.

Ketika naskah yang kukirim sudah mereka baca, mereka mengabarkan ketertarikannya pada naskah tersebut dan menanyakan apakah aku bersedia memperbaiki bebeapa hal, dan, tentu saja kujawab: IYAAAAAAAAAA!!!! Maka aku pun mendapat beberapa hari tambahan untuk melebih baguskan naskah tersebut.

Setelah kukirim versi revisi, gradien pun menyetujuinya. Tapi mereka masih memberiku peluang untuk melakukan beberapa perbaikan. Setelah tak piker-pikir, ternyata memang beberapa hal harus diperbaiki. Maka aku pun meminta waktu lagi dan mereka hanya mengiyakan saja—hahahaha, matur suwun Bang Khun. Dan kemudian, ternyata memang aku beberapa kali minta waktu untuk memperbaiki naskah itu. Hahahahha, aku smapai merasa betapa menjengkelkan aku!

Tibalah saatnya membuat cover. Hal yang sama pun terjadi. Di antara dua pilihan, aku memilih cover yang akhirnya terpakai sekarang ini. Dan kau tahu, mereka mengabulkan begitu banyak konsep yang kuajukan berkenaan dengan per-coveran ini.

Ffuih, akhirnya, tiada kata yang lebih layak diungkapkan selain alhamdulillah. Puji syukur kehadirat Allah atas segala kekuatan yang diberikan padaku selama proses penulisan novel ini. Kepada semua sahabatku di Bawean, Jalil, Kamali, Rusli dan yang sangat special, Mahrus, terimakasih untuk semua bantuan kalian. Juga banyak lagi yang lainnya yang tak sempat untuk kutuliskan. Semua guruku yang telah begitu banyak memberikan ilmu dan pengorbanan bagiku, khususnya buat Pak Luddin dan Pak Kholiq, terimakasih endorsementnya. Heheheh. Dan yang terbaru, terimakasih buat sahabat baruku Rusa Bawean, kau benar-benar mengejutkanku sobat!

Tak lupa pula, terimakasih buat semua dosenku di UNIROW, pak Agus, Bu Christin, dll. Juga buat semua teman-teman di kampus ronggolawe. Khusus buat para aurora, aku tunggu hari kita bias berkumpul lagi dan menghabiskan bakso di dekat lapangan futsal! David, Amar, habibi, terimakasih untuk segala kebaikan hati yang kalian berikan baik secara cuma-cuma maupun yang setengah cuma-cuma. Terimakasih sobat. Buat Titin, hahahaha, aku hanya selalu heran, kenapa kau begitu pemarah? Wahahaha, aku bahkan hampir lupa siapa namaku karena semua itu.

After all, selamat berburu novel yang seindah rembulan itu, nikmatilah, dan berbahagialah karena kita masih bisa berbagi.

Advertisements
« »

13 Responses

  1. Suatu saat mas jika ada rejeki coba aku cari mas… aku tertarik koleksi dan baca2 apa lagi dari sau pengarang dengan semua bukunnya….semua buku… stiap buku dari seorang pengarang…

  2. HAI cahyo, terimaksh sobat utk rencananya. dn q pun akn dg snang hati brdoa mga engkau slalu bsa menyediakn budget bwt koleksi buku. brjuang, sobat.

  3. selamat (cak, kang atau bang?)!!

    aku tertarik untuk membaca novelnya
    sudah ada pa belum ya novelnya di Pesta Buku Jakarta 2-10 Juli ini

  4. selamat buat penulis yang menulis novel yang hebat, saya juga alumni IKIP PGRI (universitas ronggolawe).dan saya asli bawean

  5. […] memutuskan untuk membeli novel Pemburu Rembulan setelah melihat kepiawaian si empunya blog dalam merangkai kata-kata ketika menyampaikan sebuah […]

  6. saya bangga…. novelnya menarik…
    bawean sungguh beruntung mempunyai penulis seperti arul chandra

  7. mas uday, makasih untuk sambutannya.

  8. ka,,ad gk pdf pemburu rembulan
    deadline wt proposal skripsi nih,,tgl 4 ya ka
    mksh

  9. I wona this……..Book!!!!

  10. selamat kak arul smuga kesuksesan slalu menyertaimu dan semuga calon novel ku ikt jejak novel mu kak ,ya meskipun naskah ku sudah ditolak 2 x oleh gramedia. tpi semangat ku tak kan patah . oh ya sya mahfud nurul islam almans difb itu. dan sy sangat senang membaca novel anda tpi syang blm sy selesai membaca ,novelnya dipinjam teman tak taoh lah kammah elang tanpa jejak .

  11. bang, saya anak Bawean dan sdang kulyah PPG d Surabaya dan saya kaget ktika menemukan sinopsis novel ini dd internet..saya tertarik ingin membacanya tapi saya cari di beberapa toko buku belum ada. kira2 d toko buku mana saya bisa mendapatkannya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: