Posted in nebula

MODEYLOGART

RODA itu memang sudah remuk, rompal di banyak bagian, koyak atas bawah, cuil depan belakang, tergeletak. Tapi dia masih pun akan bekerja lagi, nanti waktu musim panen tiba.

Bulan Juli adalah waktu yang sibuk. Matahari bersinar dan awan berkilau. Meski udara yang kencang bertiup terasa panas, tapi orang-orang tetap bersemangat dan tersenyum lebar. Ini musim panen, kan?

Menjelang pagi orang sudah bergegas, mengenakan pakaian musim kerja, mereka juga sarapan pagi-pagi benar, membungkus umbi untuk makan siang. Sementara para wanita menyiapkan kuda, para pria menciumi anak-anaknya.

Belum habis remang, mereka, puluhan jumlahnya, berpacu ke tenggara secepat angin yang akan meninggalkan lembah. Mewariskan jejak di muka tanah, tapak kuda dan garis roda tua. Dan mereka hilang dalam kepulan debu, menjadi tanda bagi para ibu menyiapkan bumbu.

Ini siklus hidup ratusan generasi, puluhan abad, ribuan tahun, saat kafilah melintasi jalur dagang di celah ceruk dan bebatuan lembah menuju pasar besar di negeri jauh, para lelaki tangguh itu berkuda memaoggul panah.

Matahari mengendap ke barat saat debu menguar dari arah mereka pagi tadi menghilang. Semua orang menari-nari menyambut kepulangannya. Binar bahagia dan harapan kepuasan membubung di langit senja.

Malamnya, pesta besar digelar sebagai perayaan hari pertama musim mengumpulkan makanan. Gerobak-gerobak dibongkar, isinya yang masih basah bersimbah darah dijejer di lapangan, setelah kepalanya dipenggal, semuanya ditusuk dengan kayu dan dibakar.

Sajian utama malam itu adalah kepala panggang, selalu begitu, dan kepala terbaik untuk kepala suku. Orang tua itu tersenyum, malam itu dia mendapatkan kepala putri pemimpin kafilah, lengkap dengan giwang, cincin hidung dan tiara di kepala. Sebelum dibakar, wajahnya tetap cantik walau sudah berjam-jam menghembuskan nyawa.

Advertisements

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s