Posted in think

TIPS MENCARI PONDOK BUAT PUTRA PUTRI ANDA

BANYAK orang tua yang menaruh harapan besar pada anaknya yang–dengan suatu keajaiban tertentu–bersedia untuk dipondokkan. Tapi, kadang sesuatu yang tak terduga terjadi. Sang anak tidak bertransformasi se besar yang diharapkan–bahkan dalam beberapa kasus, seorang anak malah jadi nakal selepas dipondokkan. Ada hal yang harus dipahami di sini, bahwa, bagaimanapun juga, pondok adalah sebuah lembaga pendidikan. Dan tiap lembaga pasti ada kelemahannya. Berikut beberapa tips sederhana bagi anda untuk memilih pondok yang bagus–disiplin, teratur dan efektif.

1. periksa kebersihan lingkungan pondok. Halamannya, asrama, kamar mandi dan tmpat belajarnya.

2. periksa kamar tidur santri, cek apakah lemari mereka ada coretan atau tidak. Pöndok yang bagus tidak akan membiarkan santri mencoreti properti. Apalagi jika tmboknya penuh coretan–gambar atau tulisan. Itu mencerminkan tingkat kepedulian pengurus.

3. bahasa tubuh santri.

4. jendela atau pintu, apakah ada yang rusak atau semua dalam keadaan baik. Saya tdk mempermasalahkan bagus atau jeleknya, tapi baik atau tidak keadaannya. Kekerasan sering dilampiaskan pada jendela atau pintu.

5. buku-buku. Semuanya baik dan rapi atau robek dan berserakan.

Pada dasarnya, tips dari saya adalah mengajak anda untuk perduli pada hal kecil, mengapa? Sebab, keburukan besar selalu adalah hasil dari keburukan kecil yang dibiarkan.

Selamat memilih pondok, smga Allah merahmati kita semua. AMIN.

Advertisements

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

2 thoughts on “TIPS MENCARI PONDOK BUAT PUTRA PUTRI ANDA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s