• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

BASUKI AKHIRNYA SAKIT

AKHIRNYA Basuki jatuh sakit. Setelah hari-hari yang panjang melelahkan, pagi sore bergumul di kandang sapi, duduk di masjid mengaji dan memijat siapapun yg kelelahan, kini dia yang colapse. Terpuruk dalam demam dan migrain yang menikam. Baseka’–demikian aku biasa memanggilnya–menangis dan meraung di malam-malam kami tidur.

MENGAGETKAN melihat pria setangguh itu menyebut kata ibu puluhan kali dalam deraan demam tinggi–perhatikan, kata ‘ibu’ bukan nama ibunya. Dan, untuk mengejutkan kami, dia juga menyebut beberapa nama yang kami kenal. Baseka’ tersiksa.

Baseka’ pria yang bercita-cita tinggi. Dia ingin ke Mesir sesuai minta sang ayah, dan ke Madinah demi sang paman. Basuki tak peduli jika bhs.Arabnya baru sekata di depan kata sebelumnya. Dia juga pernah nekad mau jadi artis, melupakan fakta jahat bahwa hidungnya tiarap di antara 2 pipi tembemnya. Dia juga masih merasa kebal walau ilmu gendamnya sdh lama tawar. Baseka’ hanya peduli pd satu fakta sangat privat: aku punya cita-cita.

Baseka’, tahu bahwa hidupnya menanggung banyap ekspektasi orang hidup dan orang mati dlm keluarganya, dia juga menelan segala macam obsesi temuan terbarunya, dan itu sgat mengkhawatirkanku. Baseka’ mungkin lupa, dia harus fokus. Memilih satu puncak di antara banyak, dan mendakinya dengan konsentrasi penuh. Aku harap dia paham nanti.

Baseka’ mungkin nanti malam menjerit lagi, meraungkan kata ibu, dan beberapa wanita, dan aku akan sabar mendengarkannya dalam kantuk yang tak kunjung tiba.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: