• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

MANUSIA YANG DIPERTIDAK MANUSIAKAN OLEH MANUSIA LAINNYA

jadi, harus bagaimana?

Satu hal yang kadang membuat kita bingung adalah, ketika kita menyadari bahwa orang-orang disekitar kita makin hari makin tak percaya pada kita. Itu menyedihkan bukan? Sangat menyedihkan saat kau menjadi sangat mudah untuk dicurigai, sangat mudah untuk dipandang bersalah, sangat mudah untuk disangsikan setiap perkataannya. Kalau sudah begitu, tinggal dua opsi yang tersisa: menentangnya dengan cara yang brutal, atau mematahkan pendapat itu dengan pembuktian. Keduanya sama cara yang keren, tapi tak sama mudah.

Kebanyakan orang vencerung untuk memilih opsi pertama: menentang dengan cara yang brutal. Maksudnya brutal di sini adalah dengan bertindak keras dan bahkan melakukan aksi antithesis untuk membuktikan dirinya tidak berada dalam kesalahan. Memng inicara yang aneh, tapi itu cara yang bisa memberikan ‘kepuasaan’ bagi pelakunyaa. Hanya saja, yang tidak dia tahu, itu hanyalah kepuasan semu. Seseorang yang dicurigai berselingkuh dia akan menentang habis-habisan kecurigaan itu. Ketika seseorang dituduh melakukan perbuatan salah, dia akan bertindak—yang sialnya—kasar untuk menegaskan kebersihannya dari kesalahan. Memang aneh, tapi begitulah manusia. Apa yang mau disalahkan? Manusianya? Atau kehidupannya yang menyebalkan dan membuatnya seperti harimau dalam kandang, tidak bisa berbuat apa-apa selain mengaum buas sebagai tanda bahwa mereka seharusnya di tengah hutan, bukan dalam kerangkeng jadi tontonan bocah kecil samil makan kembang gula?

Atau yang kedua, adalah orang yang bertindak sistematis dengan membuktikan hal-hal yang menunjukkan ketidak bersalahannya. Ini butuh kesabaran. Juga ketekunan. Ditambah ketahanan diri untuk mendengarkan celotehan menyebalkan sepanjang hari sepanjang malam, yah, menjadi orang tipe yang terkahir memang agak menyusahkan, tapi setidaknya itu bisa membuat keadaan lebih cepat membaik. Dan betapa beratnya hal itu untuk dilakukan jika tekanan yang didapat bukan hanya dari si pencuriga tapi juga dari banyak pihak yang lain! Maksudku, kau adalah seorang pekerja di sebuah kantor dan bos mu menuntutmu untuk bekerja lembur tanpa ada upah tambahan yang mencukupi, di rumah, istrimu mulai berulah dengan menuduhmu berselingkuh di kantor, dan anak-anakmu merengek minta ditemani ke bioskop sejak terakhir kali empat bulan yang lalu. Di tambah lagi, kau harus menghubungi keluargamu di luar pulau dan memantau mereka karena ayahmu sakit, dan pada saat yang sama, beberapa saudaramu sedang butuh bantuanmu dan kau tak berdaya untuk memenuhinya! Heah, bukankah itu kiamat kecil yang bisa kau rasakan sobat? Istrimu tiba-tiba berubah menjadi mesin penggiling kerikil yang terus menerus berputar membisingkan dan membuatmu berpikir ditabrak truk pengangkut besi sampai penyet adalah lebih menyenangkan dari pada terus bertahan seperti ini. Nah, pada saat itulah keadaannya menjadi sangat sulit untuk bisa menjadi sosok yang memilih opsi kedua. Kau harus benar-benar kuat.

Tapi aku kenal seseorang, dia tidak begitu kaya—hanya untuk terdengar sopan mengatakan kalau dia itu miskin, sedang bertarung merintis karirnya yang tampak sangat janggal di lingkungan dia tinggal. Dia beberapa kali tertimpa urusan yang menjengkelkan, tapi dia selalu punya obat sinting yang menyelamatkan kewarasannya. Dia akan berteriak pada dirinya sendiri saat menghadapi tekanan yang dalam itu: hey sialan, hidup cuma sekali dan apakah akan kau habiskan dengan mengutuki kemalangan nasibmu? Bergembiralah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: