• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

SONGAI POTAK, SENDANG TERTUA DI KUMALASA

Di kumalasa, orang-orang terbiasa mandi dan mencuci di sendang alam yang terdapat hampir di setiap sudut desa. Setidaknya ada empat sendang besar di sini. Dan yang terbesar sekaligus yang tertua adalah sendang potak yang oleh warga setempat dinamai Songai Potak.

Songai potak terletak di timur laut desa, tepat di pinggir desa, di bawah kaki gunung lebat dan misterius. Songai potak mendapatkan sumber airnya dari pohon potak raksasa yang ada di dekatnya, juga dari hutan lebat yang mengelilinya.

Pada musim penghujan airnya selalu meluap dan berwarna kebiruan, sedang pada musim kemarau, meskipun jumlahnya jauh berkurang, tapi masih bisa memenuhi kebutuhan penduduk akan air untuk mandi dan mencuci. Songai potak merupakan anugerah yang tak terhingga bagi desa puncak gunung seperti Kumalasa.

Tidak ada yang tahu pasti sejak kapan songai potak dibuat, tapi ada dugaan pembangunan pertama songai potak dari sekedar kubangan air alami biasa menjadi bangunan semi permanent adalah pada akhir dekade 50an. Pada tahun 1987 songai potak dipugar menjadi bangunan permanent yang lebih kuat dan diperbesar. Lantainya disemen untuk memudahkan orang mencuci.

Satu hal yang paling mengesankan dari songai potak adalah keberadaannya yang melankolis. Pikirkan, anda sekarang berada di sebuah pemandian alam yang telah digunakan oleh leluhur-leluhur anda, berpuluh-puluh tahun sebelum kelahiran kedua orang tua anda. Anda mandi dan mencuci dengan air yang sama dan di tempat yang sama dengan yang digunakan kakek moyang anda, dan, di dinding-dindingnya yang dingin, anda seakan bisa mendengar suara mereka bergaung di antara suara nyaring serangga hutan yang tak pernah berhenti sepanjang tahun.
29/04/10


trims buat maulana putra pak acing dan mak ut-ut, adik dari kamali, kakak bagi diana dan asri yang telah menemaniku mengaumpulkan bahan untuk posting ini.

Advertisements

6 Responses

  1. tp kok kotor aernya???

  2. great………………….ongghuna songai potak

  3. yayayayayaya, ada yang mau mandi di sungai potak yang misterius?

  4. great story, but poor picture. buy a better camera, dude. thanks for sharing

  5. oalah oreng komalasa heandik blog arii?
    hehe

  6. @nizar: hahahahaha, i’m still a poor guy man, i didnt even use my own poor camera for those picts, hahahaha.
    @rusa: hehehehe, oreng komalasa bule. sampean dori dimma?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: