Posted in baweanologi

GERBANG PETUALANGAN BAWEAN

Jika seserang bertanya pada anda, “di manakah sejarah terjadi?” jawabannya, “sejarah terjadi di atas kerta-kertas.” Ya, sejarah sudah terjadi, sedang terjadi dan akan terjadi di atas kertas-kertas. Orang-orang akan membicarakan tentang suatu masalah dengan merujuk halaman-halaman tertentu dari seduah buku tertentu karangan dari penulis tertentu pula. Sederhana, juga menyakitkan. Di mana letak kepedihan dari sejarah yang begitu itu? Yaitu kenyataan bahwa apa-apa peristiwa yang telah terjadi dan luput dari pencatatan akan menjadi peristiwa yang diragukan. Dianggap kurang nyata. Dan agak tidak bisa dikutip untuk menguatkan pernyataan. Ironis bukan?

Karena itu, untuk mencatat apa yang telah menjadi sejarah bagiku, maka saya pun menulis ini, kisah perjalanan ini: seuah pelayaran ke Bawean. Dan, bukan hanya itu, saya juga membuat dokumentasi videonya, sebuah film documenter sederhana.

Bahkan inilha pertama kalinya bagiku membuat sebuah film documenter. Dan ini sangat menarik. Anda akan menyaksikan sesuatu yang belum pernah anda saksikan di arul chandrana sebelumnya dalam satu tahun ini. Sebuah posting yang menampilkan gambar actual dan film dokumenternya. Anda akan menikmati sajian yang luar biasa.

Pembahasan utama kita kali ini adalah Bawean. Kita akan menyaksikan budaya, social dan alam yang beraneka ragam dan sangat kaya. Anda akan memasuki dunia petualangan yang mengherankan. Anda akan menyaksikan pesona yang mungkin tidak pernah anda bayangkan ada di dunia ini. Saya mengundang anda dalam suatu petualangan yang tidak memerlukan perlengkapan senjata, tapi juga tidak bisa dijalani tanpa persiapan sempurna. Ini lebih dari sekedar pengembaraan tarzan atau perburuan Indiana jones.

Saya berharap sajian yang anda nikmati—video, gambar, dan ulasannya—benar-benar memuaskan dan menghidupkan suasana hati anda. Secara pribadi, saya berharap ada direktur stasiun TV tertentu yang akan menyaksikan documenter ini dan selanjutnya jatuh hati pada—kerja—ku dan memintaku untuk menjadi salah satu pengisi acaranya. Hmm, saya curiga hal itu bisa mengalahkan acara petualanga-petualangan lainnya yang ada di negeri ini. Hahahahahha, amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin.
*
Di perjalanan pulang kembali ke Jawa, saat kapal mendekati daratan yang belum tampak, aku berkirim sms pada temanku yang hanya mau menerima sms bahasa inggris: approaching java, the sea gets calm.waves flowing steady. The ship runs through nicely. Her sharp nose cuts the long row if waves. Its all a real voyage under the sun.
Yah, bagi anda yang tidak paham bahasa inggris, tentu, tentu saja ini kedengaran hebat tapi, saya juga sadar kok ini banyak salahnya. Jadi, hahahaha, tak usah repot-repot mengkritik yah.

Advertisements

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

One thought on “GERBANG PETUALANGAN BAWEAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s