Posted in ehon, nebula, think

Serendipity, have heard this?

arul chandranaAku pernah nonton film yang dibintangi Kate Beckinsale(?) dan John Cussack, tentang dua orang yang tanpa sengaja bertemu di toko buku sebuah kota kecil.

another kind of hunger: for shared people.
Pertama, aku ingin mengatakan bahwa tulisan ini adalah tunik resmi pertamaku. Kau tahu, sangat menyenangkan menemukan nama yang tepat untuk jenis tulisan yang telah kau tulis selama bertahun-tahun.

Ada orang-orang yang akan merasa sakit seluruh badannya saat dia tidak merokok untuk lima jam setelah rokok terakhirnya habis. Kita menyebutnya cigarette addicted, orang yang kecanduan rokok. Atau orang yang akan gelisah sepanjang malam jika dia tidak membeli setiap barang yang diinginkan di mall yang dikunjunginya. Ingat, itu barang yang dia inginkan, bukan barang yang dia harapkan. Kita menyebutnya shopaholic. Atau orang yang akan mudah marah jika dia tidak mendengar lagu kesukaannya minimal sekali dalam satu hari itu. Aku tidak tahu apa itu istilahnya, tapi yang jelas dia itu tipe manusia yang berbahaya. Dan, pernahkah anda mendengar tentang orang yang merasakan depresi, terkungkung, tak bergairah, atau bahkan merasa terbuang ketika dia untuk beberapa lama tidak bertemu dengan orang-orang baru, membicarakan topic baru yang menyenangkan, dan mendapat kawan baru? Pernah bertemu dengan yang seperti itu? Itu yang akan kita bicarakan.

Ini sesuatu yang agak aneh memang, tapi begitulah adanya. Apa kau menganggapnya orang aneh? Sepertinya tidak, karena sebenarnya dia adalah orang yang terlalu banyak ide! Dia orang yang menyedihkan hidupnya karena terlalu punya banyak gagasan, dan dia menjadi orang yang malang karena tidak semua orang yang dikenalnya bisa memahami kebedaan dalam caranya menemukan dan menggambarkan gagasan. Menyedihkan bukan orang yang seperti itu?

Dia selalu ingin bertemu orang baru, membicarakan topic baru atau topic lama dengan cara berbeda. Dia suka mendengar orang lain menyampaikan gagasannya, atau orang lain menunjukkan ketakjubannya akan suatu hal. Karena dia juga memiliki hal yang sama untuk dibagikan. Lambat laun, diapun tahu jika dirinya butuh suatu komunitas untuk berbagi—atau lebih kepada untuk menjaga dirinya agar tetap waras. Dan tentunya, orang seperti ini punya kepribadian menyenangkan dan—terkadang—mengesankan. Kalau sekali waktu kau bertemu orang yang seperti itu, jangan khawatir, dia bukan orang yang akan menggigit kupingmu—ingat mike Tyson sobat?—atau akan memutasi gen mu—ingat Darwin sobat? Tidak, dia tidak akan berbuat criminal kepadamu, tapi dia akan menguras dirimu, dia akan menguras apa yang ada dalam otakmu, apa yang kau sembunyikan dalam sel syarafmu, dia ingin tahu tentang semua itu. Kau akan menemukan orang paling menggemaskan untuk berdiskusi jika kau orang yang suka bediskusi.

Hanya saja, masih, kita harus merasa kasihan ada jenis orang ini. Kenapa? Dia mudah kesepian, dia mudah merasa terlantar. Saat dia mendapati keadaan di mana dia tidak bisa berbagi dengan siapapun, dia akan merasa membengkak dan hampir tak habis—ingat domba yang bayinya tidak mau menyusu? Susunya akan mengumpul di kantungnya dan akhirnya dia akan mengakibatkan radang berbahaya. Para peternak harus menyadari hal ini. Dia harus memerahnya! Seperti itulah orang itu. Dia harus berbagi, dia harus menyampaikan idenya, dia harus membeberkan gagasannya, dan, harus ada orang yang menanggapi kegilaannya itu. Hmm, kukira aku kenal salah satu dari mereka!

Thursday, 25 March 2010

Advertisements

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

One thought on “Serendipity, have heard this?

  1. Dari keseluruhan tulisanmu yang aku ngerti cuma serendipity have heard this? yes i have…

    serendipity adalah sebuah kebetulan yang menyenangkan..atau secara luas bisa diartikan kesanggupan untuk menemukan sesuatu tanpa sengaja saat ia mencari sesuatu yang lain…

    dan ttg film serendipity mereka bukan ketemu di toko buku..tapi di kedai es krim di new york

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s