Posted in ehon, think

the best mom of the earth and the world (ibu terbaik di planet bumi dan di dunia ini)

a_mothers_lovebaiklah, akan kuberitahu beberapa hal tentang ibundaku, ibunda terbaik di dunia dan di planet bumi. karena apa? kau akan heran, bukan karena beliau adalah orang yang paling kaya, atau karena beliau orang yang paling cantik, atau karena beliau orang yang paling hebat masakannya, bahkan kau akan heran mendengar ini, beliau bukanlah orang yang paling mengerti diriku—ha ha ha ha, tapi, beliau menjadi ibu terbaik di planet bumi dan di dunia karena beliau adalah orang yang paling besar cintanya, beliau adalah ibunda yang paling perduli pada semua putra putrinya, beliau adalah orang yang paling besar kepeduliannya pada semua anaknya. tiada bandingannya. catat itu.
apa ini mengherankan, kenyataan bahwa ibundaku ternyata bukanlah orang yang paling memahamiku? (orang yang paling mengerti aku adalah sahabatku, si jelek yang suka tertawa) tidak, karena aku memang bukan orang yang bisa bercerita dengan nyaman dengan bunda, maksudku, aku bukan orang yang begitu terbuka padanya. aku tidak bercerita tentang cita-citaku pada beliau—beliau sama sekali tidak punya ide tentang semua keinginanku untuk menjadi penulis. aku juga tidak bercerita tentang hubungan-hubungan pribadiku—karena aku tidak punya hubungan pribadi yang begitu penting untuk dilaporkan pada beliau, dan beliau juga melarang anaknya pacaran. aku juga tidak bercerita bagaimana kesulitan selama kuliah, karena aku lebih memilih untuk menceritakan prestasi-prestasiku, itu membuat beliau lebih bahagia—itulah mengapa aku ngotot mencapai semua yang hebat di kampus, dan gagal di banyak hal, hahahaha. aku tidak menceritakan semua itu.
dengan semua itu, tentu saja bunda kurang tahu bagaimana aku seutuhnya. tidak masaah. aku tidak menuntut itu. karena ibunda unya sesuatu yang jauh lebih berarti dari apapun di dunia ini untuk diberikannya padaku. sesuatu yang dimilikinya dengan sempurna. sesuatu yang menjadi harta paling berharga yang akan selalu diminta oleh orang yang merana dalam hidupnya, ibunda punya cinta keibuan yang bahkan bisa membuat orang sekarat jadi sembuh dengan ajaibnya. aku mungkin tadi memang mati, tapi aku tidak akan sekarat dua kali, begitu kata tom cruise dalam far and away. karena cinta bunda, aku menjadi begitu bertenaga untuk sekedar menghancurkan sebutir telur burung onta!
ibu tidak pernah menunutut sesuatu dari anak-anaknya—kecuali untuk selalu tunduk pada Allah, islam, dan taat padanya sebagai ibunya. ibu tidak minta dikirimi uang jutaan rupiah, atau beberapa ribu rupiah, bahkan beliau selalu ingin memberi kami para anaknya uang andai beliau punya. beliau tidak meminta kami untuk membangunkanya rumah, beliau hanya mengingatkan kami untuk sering-sering mengunjunginya, karena memang itu hak dan kerinduannya. beliau tidak meminta kami untuk menikah dengan si ini atau si itu, beliau memasrahkan semuanya pada kami. kami yang menentukan keputusan untuk diri kami sendiri, dan beliau hanya mengingatkan kami untuk memilih yang terbaik, untuk kami sendiri, bukan untuknya. beliau tidak meminta kami untuk membelikan baju, perhiasan, perabotan rumah, atau apa saja kemewahan dunia. tidak, tidak, beliau tidak meminta itu. malah beliau meminta kami, anak-anaknya, untuk senantiasa menjaga diri, senantiasa berusaha untuk memperbaiki diri, agar giat berusaha untuk kesejahteraan kami sendiri. bagi beliau, kebahagiannya yang sesungguhnya adalah kebahagiann kami dalam hidup kami. catat itu.
ibundaku, ibunda paling hebat di planet bumi dan di dunia ini. orang pasti berkata jika ibundanyalah yang paling hebat. tidak apa-apa, silahkan. tentu itu adalah pendapat personal semua orang, sebagaimana tentang ibundaku adalah pendapat personalku juga. tapi kalau aku boleh bertanya, berapa banyak ibu di dunia ini yang tidak mengharapkan apapun dari anak-anaknya? tidak menuntut sesuatupun dari anak-anaknya? tidak memaksakan kehendak pada ank-anaknya? membebaskan anak-anaknya dari semua kewjiban anak pada bundanya? ibunda yang begitu rela untuk menerima bahwa semua orang memiliki kehidupannya sendiri. dan seorng ibu hanyalah untuk melindungi putra putrinya. hanya untuk melindungi. melindungi. itu saja yang beliau hadiahkan bagi kami.
dan tidak pernah meminta imbalannya.
ibuku, memang bukan orang yang paling mengerti aku, kehidupan, pengalaman, dan bertambahnya ilmu membuatku agak sulit dimengerti oleh beliau. karena perbedaan jaman, beberapa perbedaan idealisme, cita-cita pribadiku. semua komponen itu membuatku agak sulit dimengerti. tapi melampaui semua itu, beliau tidak pernah berhenti untuk menjadi ibunda terbaik bagiku. dengan cintanya. toleransinya. doanya. petuahnya. kesabarannya. kerelaannya menerima harapan-harapanku mengenai hidupku menjadi harapan-harapan hidupnya sendiri. luar biasa. sangat luar biasa, karena tak jarang aku temukan ibu, ayah, orang tua yang menjadikan anak-anaknya sebagai replica dari dirinya. menumpahkan semua ambisi pribadinya yang tak tercapai ke pundak anak-anaknya. memaksa mereka untuk meraihnya dan mengabaikan emua cita-cita pribadinya sendiri. seakan anak-anak itu hanyalah robot untuk meneruskan kehidupan para orang tua. catat itu.

dan, hal paling asyik yang bisa kulakukan dengan bunda adalah momen-momen masak bersama. aku sering membantu beliau memasak. sangat menyenangkan. mengupas bawang. memotong cabe. membersihkan kunyit. mengulek rempah-rempah. dan, menjadi orang pertama yang mencicipi masakannya. salah satu bukti bahwa kau anak yang berbakti pada orang tuamu adalah, bahwa kau rajin membantu ibumu di dapur. catat itu.

Author:

tahu sendiri kan, di sini kau akan menemukan rahasia ku, tapi tolong, setelah kau temukan, simpanlah dengan aman bersama dirimu. terima kasih

3 thoughts on “the best mom of the earth and the world (ibu terbaik di planet bumi dan di dunia ini)

  1. luar biasa, bunda saudara sungguh luar biasa. emang benar, tak sedikit ibu yang menjadikan anak-anaknya sebagai alat untuk memuaskan ambisinya. saya bersyukur punya ibu seperti ibu mas. trims menunjukkan pada saya cara menyukuri keberadaan beliau dengan lebih baik.

Leave a Reply

