• posting perbulan

  • the writer himself

    foto Arul Chandrana

    Penasaran Arul Chandrana? Ini dia makhluknya!

  • suka tulisan Arul Chandrana? silahkan anda berlangganan

  • temukan semua yang kau dambakan

KEKUATAN PENYANDANG CACAT

kick_andyAku menonton Kick Andy edisi orang cacat yang berjuang. Wow, aku merasa tersindir dan malu, mengapa? Bagaimana bisa aku yang bertangan lengkap dan berjari sepuluh, bertangan lengkap dengan jari juga sepuluh, memiliki dua telinga berlubang semua, sebuah hidung yang bisa untuk bernafas, dan sepasang mata walau kurang sehat, aku sering merasa tidak beruntung? Bagaimana bisa? Betapa picik aku menyukuri pemberian Allah? Padahal para penyandang cacat itu mereka semua berkata dengan berani: semua ini adalah pemberian Allah, tugas kami adalah berjuang! Hebat! Bisa kau rasakan betapa hebat kejujuran itu? Betapa hebat keikhlasan itu? Aku dan jenisku yang lain, harus pada mereka.
Ternyata benar, tidak ada penghalang untuk maju selain dari diri kita sendiri. Bisa kau bayangkan, ternyata sahabat sekaligus musuh kita adalah kita sendiri? Para penyandang cacat di Kick Andy itu adalah orang-orang yang telah mengalahkan dirinya sendiri: yaitu diri yang memiliki keterbatasan. Mereka mengubah ketakberdayaan menjadi kekuatan tekad yang takkan bisa dikalahkan hanya dengan kehilangan tangan, kaki, mata atau pendengaran.
Luar biasa. Ini sangat luar biasa. Pelajaran paling berharga.
Bayangkan, sseorang buta memutuskan untuk MERANTAU ke Jakarta, menghidupi keluarga dengan jualan kerupuk. Orang buta jualan kerupuk! Keliling Jakarta! Bagaimana dengan anda para orang tak cacat yang bisa membaca tulisan ini? Pak sidik, seorang tanpa kaki, beiau berjualan keripik naik motor. Woha, jualan keripik naik motor keliling Jakarta juga! Dan beliau juga membuat keripiknya sendiri. Kau harus lihat bagaimana caranya beliau naik ke atas motor modivikasinya. Ini hebat, luar biasa.
Baiklah, tak usah dipepanjang lagi memberi alasan diri untuk berlemah hati, tak ada lagi alasan untuk merasa tak berdaya, hei bukankah Allah telah mengatakan bahwa kitalah yang mengubah nasib diri sendiri? Bukankan Allah telah menjajnjikan tiap usaha akan mendapat balasan yang setimpal? Jadi sobat-sobat yang tidak cacat, mari kita berjuang, berjuang dengan kuat! Jangan lah permalukan diri dengan kalah semangat disbanding saudara kita penyandang cacat!
Ah, oya, aku juga punya tetangga yang terkena stroke. Tangan kiri beliau lumpuh. Tapi beliau rajin ke masjid. Dan tetap bekerja, aku melihatnya berkutat diantara ratusan orang normal lainnya di TPI Brondong. Ah, jadi itulah perjuangan.

2 Responses

  1. benar sekali isi tulisan ini, saya juga menonton kick andy episode tsb.
    bagi semua penyandang cacat, teruslah berjuang dan tetap semangat!
    bagi semua orang sehat, jangan sampai anda cacat!

  2. betul bro…. Alhamdulillah kami hanya cacat fisik… masih banyak manusia yg fisiknya sehat tapi mentalnya cacat…. plz kunjungi blog-ku tentang modifikasi motor bagi penyandang cacat…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: